28 Juli 2021

Akbar Tandjung: HMI Berperan Penting dalam Mempersiapkan Calon Pemimpin Bangsa

Yakusa.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai organisasi kader yang sangat berperan penting dalam mempersiapkan calon-calon pemimpin bangsa. Maka dari itu, pola pengkaderan di HMI harus mampu menghadirkan gagasan-gagasan baru dalam menjawab permasalahan sosial yang melanda masyarakat.
Demikian diungkapkan Akbar Tanjung saat mengisi materi Latihan Kader II (LK 2) tingkat Nasional oleh HMI Cabang Palangka Raya bertempat di Aula Rimbawan, Palangka Raya, Kamis, (13/2/2020) kemarin.
Dengan tema terbinanya kader HMI yang mempunyai kemampuan intelektual untuk memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi. Menurutnya, Akbar, selama ini HMI telah banyak mengoreskan tinta-tinta emas dalam perjuanganya melalui para kadernya saat mempertahankan NKRI dari para komunis dan kolonialis.
Kader HMI juga dinilai oleh politisi senior ini, telah mampu memberikan gagasan-gagasan barunya dalam menjawab permasalahan sosial yang melanda masyarakat.
Oleh karena itulah, ucap mantan Ketua Umum Golkar ini, dengan fungsi dan peran HMI yang sangat vital tersebut, harus dipersiapkan kader-kader yang handal dalam mewujudkannya, khusunya dalam masalah keislaman, keumatan, kebangsaan.
Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya, Riko Rahman mengatakan Latihan Kader (LK 2) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Palangka Raya itu diikuti sebanyak 54 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dari hasil screening Test.
“Peserta ada dari Makassar, Bone, Pekanbaru, Malang, Jogya, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Barabai dan tuan rumah kota Palangka Raya, kegiatan training berlangsung Selama 1 Minggu Kedepan,” terang Riko.
Ia berharap training pengkaderan ini bisa menghasilkan output sesuai tema yang diangkat yaitu terbinanya kader HMI yang mempunyai kemampuan intelektual untuk memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi. (Beritasampit.id/*)