25 September 2021

Aktivis HMI Harap Pemerintah Libatkan Media Dalam Mengawal Penyerapan Anggaran Covid-19

Jakarta, YAKUSA.ID – Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah Pusat melalui lembaga-lembaga dibawahnya kepada masyakat sudah mulai tersalurkan. Setidaknya, ada beberapa subsidi yang diberikan Pemerintah selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM).

Sebelumnya, Pemerintah menganggarkan Rp 39,19 triliun untuk berbagai bansos, seperti kartu sembako, beras bulog 10 Kg/Keluarga, bantuan sosial tunai (BST), diskon tarif listrik, tambahan dana kartu prakerja hingga subsidi kouta internet.

Besaran anggaran yang dikucurkan itu membuat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram nomor ST/1488/VII/RES.3./2021, yang berisikan pengarahan atau langkah-langkah ke jajaran kepolisian untuk melakukan pendampingan percepatan dalam penyerapan anggaran penanggulangan pandemi Covid-19.

Menyikapi hal itu, melalui keterangan tulisnya, Pengurus Bakornas LAPMI PB HMI, Aru Prayogi menyampaikan, anggaran yang cukup besar untuk bansos masyarakat dapat tersalurkan sesuai dengan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19.

“Sudah seharusnya bansos kali ini turun sesuai tepat sasaran, sehingga tidak adalagi kejanggalan-kejanggalan dalam pendistribusiannya di lapangan,” katanya, Jum’at (30/07/2021).

Lebih lanjut, Aru menambahkan, media juga turut berperan dalam menyampaikan informasi kepada masyakarat tersoal bansos selama pelaksanaan PPKM ini.

“Media sangat berperan penting dalam menyampaikan informasi di lapangan, agar masyarakat yang kebingungan ini menjadi tau. Serta, ikut dalam proses pendistribusian dilapangan guna memantau penerimaan tepat sasaran atau tidak.

Selain itu, Aru berharap Polri yang turut menggandeng Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dapat maksimal serta turut melibatkan media lokal sebagai penyampai informasi di lapangan.

“Semoga media lokal yang saat ini ikut serta dalam proses penyampaian berita terkait update Covid-19, kebijakan pemerintah selama PPKM, hingga penyaluran bansos ini dapat turut serta demi tersalurkan tepat sasaran.

Reporter: Kholisin Susanto
Editor: Arifin