Beranda Nasional Ayah Berperan Strategis dalam Meningkatkan Pengasuhan

Ayah Berperan Strategis dalam Meningkatkan Pengasuhan

0
Ilustrasi.

PAMEKASAN, YAKUSA.ID – Seorang ayah sangat berperan strategis dalam meningkatkan kualitas pengasuhan dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto.

“Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak,” katanya di Jakarta, dilansir Antara, Minggu (13/11/2022).

Menurutnya, keterlibatan ibu dan ayah secara proporsional akan mendukung terwujudnya keluarga yang berkualitas, yang akan menghasilkan pola asuh yang juga berkualitas.

“Ayah merupakan figur pendidik dan pelindung bagi anak. Ayah merupakan referensi nilai bagi anak. Maka, jadilah sosok yang dicintai oleh anak,” tegasnya.

Keteladanan dan contoh yang diberikan ayah, lanjut Susanto, juga akan mendukung pembentukan karakter dan budi pekerti anak.

“Karena itu ayah harus berperan dalam memberikan keteladanan, jadilah sosok yang hangat bagi anak, bukan sosok yang berjarak. Jadilah sosok yang selalu ditunggu kehadirannya, bukan sosok yang justru tidak dikehendaki dekat dengan anak,” ujar Susanto.

Dia mengingatkan mengenai pentingnya kedekatan psikis antara orang tua dengan anak-anak mereka. (YAKUSA.ID-11)

Tinggalkan Balasan