10 April 2021

Begini Cara HMI Komisariat Tarbiyah Mengasah Kematangan Kader yang Baru Lulus Training LK 2

Yakusa.id- Ada banyak cara untuk mengasah kematangan baik mental maupun intelektual kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), seperti yang dilakukan HMI Cabang Pamekasan Komisariat Tarbiyah IAIN Madura ini.
Ketua umum HMI Cabang Pamekasan Komisariat Tarbiyah IAIN Madura, Uswatun Hasanah mengatakan, uji kematangan kader ini diperuntukkan bagi para kader yang baru lulus Training LK 2.
Dijelaskan, upayanya ini dilakukan dengan cara, para kader yang baru lulus Training LK 2 ini diberikan mimbar untuk memberikan materi kajian di depan kader HMI lainnya yang dipusatkan di Rumah Hijau Hitam, Perum Grahan Kencana dan Ridho, blok LMN no. 12 Tlanakan Pamekasan.
“Mimbar yang kami berikan pada mereka (kader yang baru lulus training LK 2) yakni Kajian Malam Tarbiyah atau disingkat KTM,” katanya, (20/2/2020).
“Di wadah inilah nanti, mereka akan diberikan panggung untuk memaparkan materi. Dan materinya sudah kami tentukan dari masing-masing mereka,” imbuhnya.
KTM ini, kata Uunk panggilan akrab Uswatun Hasanah, akan dilaksanakan pada tanggal 20, 22, 24, 26, 28 Februari dan tanggal 1 Maret 2020.
“Kajian ini, kami sengaja lakukan selain untuk mengasah kemampuan mereka juga untuk mengisi ruh komisariat dengan intelektual,” ujarnya.
Lebih lanjut, Uunk menyampaikan, mereka para lulusan training LK 2 ini diberikan kewajiban seperti ini demi menularkan apa yang mereka dapati saat di forum LK 2. “Juga dalam rangka menuntaskan syarat penerimaan sertifikat LK2 yang sengaja ditahan oleh Kabid PPPA,” ungkapnya. (sin/ron)