3 Agustus 2021

Berikut Profil 10 Alumni HMI di Kabinet Jokowi-Ma’ruf

Foto: Kantor PB HMI
Yakusa.id – Berdiri sejak 1947 membuat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) telah berkontribusi banyak untuk Indonesia. Sebagai organisasi kemahasiswaan tertua, HMI memiliki banyak alumni yang sukses menduduki kursi pemerintahan.
Sepak terjang para alumni HMI masih mewarnai pemerintahan saat ini, termasuk sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju, Jokowi-Ma’ruf. Berikut 10 alumni HMI di Kabinet Jokowi;
1. Mahfud MD
Namanya semakin dikenal ketika Pemerintah Jokowi mempercayainya sebagai Menko Polhukam. Bidang pertahanan bukan ‘barang baru’ bagi Mahfud karena saat Gus Dur menjabat presiden dia bahkan dipercaya sebagai menteri pertahanan. Dia juga pernah didapuk sebagai ketua Mahkamah Konstitusi RI pada periode 2008-2013.
Dia aktif di HMI sejak 1978 di Yogyakarta. Di organisasi itu Mahfud tidak hanya mendapat pengalaman berorganisasi, tetapi jodoh.
2. Airlangga Hartarto
Alumni HMI Yogyakarta itu saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Itu bukan jabatan menteri pertamanya bersama Jokowi. Sebelumnya, Airlangga dipercaya sebagai Menteri Perindustrian.
3. Muhadjir Effendy
Merupakan Ketua HMI cabang Malang 1980. Saat ini dia dipercaya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Sebelumnya Muhadjir pernah dipercaya Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menggantikan Anies Baswedan yang diberhentikan 2016.
4. Syahrul Yasin Limpo
Syahrul saat ini menjabat Menteri Pertanian. Dia pernah ikut pendidikan kepemimpinan di HMI Makassar. Sebelum dipercaya sebagai menteri, lelaki yang sering dipanggil SYL tersebut terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak 2008 hingga 2018.
5. Siti Nurbaya Bakar
Merupakan perempuan asal Jakarta yang saat ini menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Sebelum menjadi menteri, ia merupakan mantan sekjen DPD RI.
Dia pernah berkuliah di Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, termasuk mendapat gelar S-3.
6. Suharso Monoarfa
Saat ini Suharso dipercaya sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas. Dia juga pernah menjadi Menteri Perumahan Rakyat pada periode 2009-2011.
7. Sofyan Djalil
Jabatannya saat ini adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang. Jokowi juga mempercayanya menjabat sejumlah menteri seperti Menteri PPN/Kepala Bappenas. Sebelumnya dia juga pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Menteri BUMN Indonesia serta Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia.
8. Zainudin Amali
Alumni HMI yang satu ini ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga setelah menjadi anggota DPR RI selama empat periode.
9. Bahlil Lahadalia
Mantan bendahara umum HMI ini merupakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.ia awalnya dikenal ketika menjadi ketua dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
10. Pramono Anung
Menteri Sekretaris Kabinet tersebut pernah berkuliah di jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung pada 1982. Karirnya, lebih banyak di DPR sejak 2009 sampai dengan 2014. (minews.com/*)