3 Agustus 2021

Buka Konfercab HMI Cabang Langsa, Wawalkot: Jangan Perang Sesama Kader

YAKUSA.ID – Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM membuka Konferensi Cabang (Konfercab) Ke XXVII Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang kota Langsa di gedung KNPI setempat.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Langsa menuturkan bahwa pemerintah Kota Langsa sangat mengapresiasi keberadaan organisasi HMI, khususnya HMI Kota Langsa, karena dalam perjalanannya, HMI telah menghimpun mahasiswa-mahasiswi muslim seluruh Indonesia lintas sektoral, suku, ras dan golongan untuk berbuat yang terbaik bagi agama, bangsa dan negara ini.

Akan tetapi, kata Marzuki, akhir-akhir ini pemerintah Kota Langsa melihat bahwa HMI Cabang Langsa semakin terpuruk, mungkin kondisi ini tidak terlepas dari terjadinya dualisme kepemimpinan di tubuh HMI yang telah membuat terjadinya perpecahan didalam Internal HMI Itu sendiri.

“Dimanapun yang namanya dualisme kepemimpinan bukanlah solusi dalam mengurusi organisasi, dualisme kepemimpinan itu sama saja dengan berperang sesama kader HMI itu sendiri, alhasil yang menang jadi arang dan yang kalah jadi abu,” katanya seperti dilansir suaraindonesia-new.com, Senin (12/07/2021).

Dikatakannya, HMI bukanlah organisasi politik yang bersifat oligarki dan mengikuti kepentingan golongan atau pribadi semata. Akan tetapi HMI merupakan organisasi kader yang berlandaskan Islam dan Pancasila serta bersifat Independen, yang fokus kepada keummatan dan kebangsaan dengan tujuan utamanya adalah terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat yang adil makmur yang diridhoi Allah Swt.

“Alhamdulillah persoalan dualisme kepemimpinan tersebut telah selesai lebih kurang sekitar 2 minggu yang lalu, dimana kedua belah pihak tersebut juga telah lama habis masa jabatannya di HMI. Dalam hal ini pemerintah Kota Langsa mengucapkan selamat bersatu kembali dan berbuatlah yang terbaik kedepannya secara bersama-sama untuk kebaikan HMI itu sendiri serta kebaikan bagi umat, agama dan bangsa ini,” ujar Wakil Walikota Langsa.

Selain itu, dia menambahkan, pemerintah juga berharap agar HMI Kota Langsa terus solid dan bersatu padu tanpa adanya dualisme kepemimpinan nantinya sesudah KONFERCAB ke XXVII ini dilaksanakan.

“Harapan kami, semoga adek-adek HMI dapat menjadikan momentum Konfercab ke-XXVII ini untuk melakukan evaluasi internal terhadap kemajuan dan perkembangan organisasi sekaligus menjabarkan arah dan tujuan organisasi untuk periode kepengurusan HMI berikutnya,” kaanya.

“Harapan ini tidak lain dan tidak bukan adalah agar HMI Kota Langsa dapat mengambil peran yang baik sebagai mitra bagi Pemerintah dan masyarakat dalam upaya-upaya pembenahan menuju Pemerintah yang bersih, adil dan merata kedepannya,” tutup Marzuki Hamid.

Diketahui, Kegiatan Konfercab HMI clCabang Langsa dihadiri Kadisporapar Dr. Iqbal, M.Pd, Kadis PUPR kota Langsa, Muharram ST, M.Si, Ketua Badko Aceh, Abdul Razak serta sejumlah alumni dan kader HMI Cabang Langsa.

Reporter: Kholisin Susanto
Redaktur: Arifin