22 Oktober 2021

Cegah Demo ke Istana Negara, Polisi Jaga Ketat Sekretariat PB HMI

YAKUSA.ID – Sejumlah personel kepolisian berjaga ketat di depan kantor sekretariat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Jalan Sultan Agung, Guntur, Jakarta Selatan, Jumat siang kemarin. Mereka bersiaga untuk mencegah anggota HMI demo ke Istana Merdeka.

“Tadi mereka mau demo, kami cegat karena enggak ada izin,” ujar Kabag Ops Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Ruslan Idris seperti dilansir Tempo.co, Jum’at (6/08/2021) kemarin.

Ruslan menerangkan tidak ada perlawanan dari mahasiswa. Di luar gerbang kantor PB HMI, beberapa polisi Brimob bersenjata dan bermotor terlihat bersiaga.

“Mereka sadar diri langsung ke dalam semua, situasi kondusif,” ujar Ruslan.

Sebelumnya, PB HMI kubu Abdul Muis berencana akan menggelar demonstrasi menjelang dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Jumat ini. Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) HMI se-Indonesia ditunjuk untuk menggelar aksi unjuk rasa itu.

Di Jakarta, demo HMI itu rencananya akan difokuskan dari mulai Istana Negara hingga Gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Massa rencananya akan membawa tuntutan mengenai gagalnya Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin menangani krisis Covid-19.

Reporter: Kholisin
Redaktur: Arifin