14 Juni 2021

Dukung Terwujudnya Kota Ramah Perempuan dan Anak, Kohati Jalin Kerjasama dengan DPPPA Kota Salatiga

YAKUSA.ID – Pasca Upgrading dan Raker pada Maret 2021 lalu, kini pengurus Koprs HMI-Wati (KOHATI) Cabang Salatiga Periode 2021-2022 tancap gas dengan menggelar audiensi mengajak kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Salatiga.

Audiensi yang digelar di ruang pertemuan DPPPA Kota Salatiga Jawa Tengah itu dalam rangka mendukung terwujudnya Kota Salatiga sebagai Kota yang Ramah Perempuan dan Anak.

Rifaul Awaliyah Ketum KOHATI Cabang Salatiga mengawali audiensi ini dengan mengenalkan jajaran kepengurusan barunya KOHATI Cabang Salatiga Periode 2021/2022.

Kemudian dilanjutkan dengan komitmen kuat KOHATI Cabang Salatiga dalam mendukung Kota Salatiga sebagai Kota yang ramah perempuan dan anak.

“Alhamdulillah audiensi KOHATI Cabang Salatiga bersama DPPA (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kota Salatiga, Jawa Tengah disambut dengan baik dan berjalan lancar,” katanya, Senin (05/04/2021)

“Kami KOHATI Cabang Salatiga siap bersinergi dengan Kota Salatiga khususnya dibidang Pemberdayaan Perempuan baik dalam aktivitas edukasi maupun aktivitas lapangan,” imbuhnya.

Rifaul Awaliyah juga memaparkan program kerja KOHATI Cabang Salatiga salah satunya yaitu pembentukan KCC (Kohati Care Conseling). Dimana pada program ini, turut mengajak DPPPA Kota Salatiga untuk bekerjasama memgambil peran dalam pembentukan KCC tersebut.

Kohati saat melakukan aksi audiensi dengan DPPPA Kota Salatiga, Senin (5/4/2021)

“Selain bekerjasama dengan DPPPA Kota Salatiga, rencananya kita akan berkolaborasi dengan Dinas Kesahatan Kota Salatiga,” ujar Rifaul Awaliyah.

Sementara itu Ketua Bidang Eksternal KOHATI Cabang Salatiga, Riza Puspita Sari juga mengatakan, sebagai program unggulan dari Bidang Eksternal tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yaitu dengan melibatkan teman-teman pengurus, Forhati Salatiga terkhusus ahli psikolog termasuk DPPA (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kota Salatiga.

“Tujuan pembentukan KCC secara internal mampu menjadi wadah kader HMI untuk mengadvokasi kader HMI baik dengan berkonsultasi atau memberikan saran dan arahan dari berbagai problematika,” ungkap Riza.

Adapun tujuan secara eksternal, mampu memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat Kota Salatiga sebagai penanggulangan berbagai persoalan khususnya kekerasan pada perempuan dan anak,” imbuhnya menegaskan.

Sementara Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Heny Mulyani, sangat mengapresiasi KOHATI Cabang Salatiga sebagai generasi muda yang memiliki jiwa kepedulian dan kepekaan terhadap sesama terkhusus dalam bidang pemberdayaan perempuan.

“DPPPA sangat mendukung penuh dan siap berkolaborasi dengan KOHATI Cabang Salatiga,” tegas Heny Mulyani.

“Sebagai tambahan legal standing dari kerjasama ini, maka kami akan memberikan surat perjanjian kerjasama KOHATI Cabang Salatiga dengan DP3A yang akan dilaksanakan penandatanganan di Gedung YDIC/Sekretariat HMI Cabang Salatiga Rabu, (07 April 2021) mendatang,” paparnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa dengan adanya kerjasama ini maka segala bentuk proker baik dari DPPPA maupun KOHATI Cabang Salatiga akan sepakat berkomitmen bersinergi, saling mengambil peran, mendukung dan berkolaborasi diberbagai bentuk kegiatan.

Reporter : Riza Puspita Sari
Editor : Taufik