11 April 2021

Gagasan Merajut Semangat Cita

“Mewujudkan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Labuhanbatu Raya sebagai Arketip Perkaderan”

Oleh: Habiburrohman (Aktivis HMI Cabang Labuhanbatu Raya)

Konsepsi Visi Arketip Perkaderan HMI Cabang Labuhanbatu Raya

Visi : “Mewujudkan HMI Cabang Labuhanbatu Raya Sebagai Arketip Perkaderan”

Carl Gustav Jung dalam Empat Arketip menjelaskan arketip adalah semacam simbol segala kekuatan batin yang mewujudkan kesatuan, kesehatan, keutuhan hidup, dan perkembangan kesadaran yang bermakna. Sejarah menjadi lokomotif dasar masa lampau sehingga tercipta eksistensi kekinian. Selanjutnya perkaderan dalam pedoman perkaderan HMI Hasil Kongres HMI XXX di Ambon menjelaskan “Perkaderan adalah usaha organisasi yang dilaksanakan secara sadar dan sistematis selaras dengan pedoman perkaderan HMI.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi perkaderan yang terus menerumenerus melahirkan kader-kader terbaiknya mengisi segala lini pengabdian keummatan dan kebangsaan. HMI Cabang Labuhanbatu Raya dibawah alam sadar kolektif adalah arketipus perjuangan HMI dari masa ke masa. Sejarah sebagai dasar pergerakan HMI Cabang Labuhanbatu Raya menuju budaya perkaderan yang berkualitas.

Mewujudkan HMI Cabang Labuhanbatu Raya sebagai arketip perkaderan berarti upaya menjadikan HMI Cabang Labuhanbatu Raya sebagai simbol atau contoh perkaderan HMI yang ideal. HMI Cabang Labuhanbatu Raya satu tahun kedepan harus mampu menjadi representasi perkaderan yang ideal dalam melahirkan kader yang berkualitas insan cita.

Arketip Perkaderan sebagai gagasan sekaligus solusi dalam menyerap kembali semangat juang kader HMI Cabang Labuhanbatu Raya dengan sejarah perkaderan yang luar biasa ulet menjalankan perannya. Sejarah HMI Cabang Labuhanbatu Raya menjadi rangsangan untuk membangun paradigma visioner dan kritis dalam menganalisa problematika yang ada, kekinian.

Karena sesungguhnya Kader HMI bernuansa insan cita lahir dan berkembang secara terbina. Hal tersebut membuktikan, bahwa HMI selalu melahirkan kader-kader intelektual yang berproses didalamnya. Dengan demikian, proses alam bawah sadar kolektif (arketip) seorang kader dapat terbina dan sadar akan eksistensi dirinya untuk menghasilkan budaya akademis, pencipta, pengabdi, bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

Sejarah tidak boleh dilupakan, didalamnya terdapat niali-nilai kebudayaan yang mesti dijaga dan dirawat sebagai identitas HMI Cabang Labuhanbatu Raya.

يٰٰٓايَهَُّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتقَُّوا هاللَّٰ وَلْتنَْظرُْ نفَْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَ ٍۚ د وَاتقَُّوا هاللَّٰ اِۗنَّ هاللَّٰ خَبِيْرٌ بۢمَِا تعَْمَلُوْ نَ
Arti : Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Q.S Al-Hasyr: 18)

Perubahan dalam hal kebaikan adalah impian bersama, terlebih itu adalah perubahan yang baik dalam organisasi seperti HMI. Degradasi kualitas kepemimpinan HMI Cabang Labuhanbatu Raya 2018 sampai dengan 2019 tentu melahirkan dampak yang melebar diberbagai lini kultural HMI Cabang Labuhanbatu Raya yang kaya akan budaya silaturahmi, konsolidasi, dan intelegensi para kader.

Progresifitas yang benar adalah semangat dan keuletan dalam perihal menciptakan perubahan yang baik (visioner dan misioner), perubahan tersebut akan terlaksana jika kesadaran akan fitrahnya sebagai manusia atau kelompok intelektual tersadarkan dengan berbagai indikator bathiniyah, ilhamiyah, dan ilmiyah, serta amaliyah. Karenanya, inshaa Allah perubahan alam bawah sadar kolektif (arketip) akan terlaksana dan melekat terhadap eksistensi dan konsistensi Kader HMI Cabang Labuhanbatu Raya dalam merawat perkaderan.

لَهٗ مُعَقِ بٰتٌ مِنْۢ بيَْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفظَُوْنَهٗ مِنْ امَْرِ هاللِّٰ اِۗنَّ هاللَّٰ لََ يغَُي رُِ مَا بِقَ وْ م حَتهى يغَُي رُِوْا
مَا بِانَْفُسِهِمْۗ وَاِذآَٰ ارََادَ هاللُّٰ بِقوَْ م سوُْْۤءًا فلَََ مَرَدَّ لَهٗ ٍۚوَمَا لهَُمْ مِنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّا ل

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar-Rad: 11).

Konsepsi misi HMI Cabang Labuhanbatu Raya Periode 2021-2022

Internal:

Optimasi Training Formal (Basic Training dan Intermediate) Dan Informal (Followup)
Digitalisasi Database Anggota HMI Cabang Labuhanbatu Raya Berdasarkan Angkatan (HMI Cabang Labuhanbatu Raya) Dan Non-Angkatan (Diluar HMI Cabang Labuhanbatu Raya)
Pemekaran Dan Pemenuhan HMI Komisariat Se-Labuhanbatu Raya Berdasarkan Kualitas, Kuantitas, Dan Rasionalisasi Konstitusi
Pengadaan Sekretariat Tetap HMI Cabang Labuhanbatu Raya
Pemberdayaan Secara Optimal Badan Pengelola Latihan (BPL) Dan Korps HMI Wati (KOHATI), Serta Pembentukan 5 Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) Mahasiswan Islam Berpotensi, Diantaranya:
Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI)
Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI)
Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI)
Lembaga Konsultasi Dan Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI)
Lembaga Pariwisata Dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam (LEPPAMI)

Eksternal:

Kolaborasi Organisasi Cipayung Sebagai Kontribusi Keummatan Dan Kebangsaan
Bermitra Dengan Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Daerah