11 April 2021

Gaya Hidup Muslim

Ilustrasi
Gaya hidup muslim 
(Oleh: Elsa Ayu Srimurti, Kohati Cabang Pariaman)
Sesungguhnya hidup di zaman sekarang serba susah! kenapa begitu, sebab dapat sama-sama kita lihat dimana ketika seseorang yang berpakaian tidak sopan atau tak menutup auratnya dengan mudah dan gampangnya dipergunjingkan oleh masyarakat, sebetulnya kita tak perlu mempergunjingkan mereka melainkan kita memberikan masukan atau saran yang baik kepada mereka langsung biar dia bisa merubahnya. Tetapi tidak secara instan juga, ingat berubah atau hijrah itu gampang cuman istiqomah dalam menjalankannya yang terasa sulit dan berat jika kita tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh. Seperti yang tertulis dalam alqur’an manjadda wajadda siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapat. 
Kadang kala ada seseorang yang sudah menutup auratnya dengan baik dan sopan masih saja menjadi bahan pembicaraan sebagian masyarakat, Seperti pakaian yang berlebihan, ninja, bahkan teroris ataupun isis, itu semua tidaklah patut untuk disampaikan karna mereka ingin menjalankan syariat islam yang menurutnya baik dan emang untuk dilakukan. Kita mempunyai jalan pikiran masing-masing jika menurutnya itu adalah pakaian yang menurutnya sopan dan tak mengundang napsu seseorang apasalahnya kita menghargainya bukan malah menjadikannya bahan cemo’ohan atau jarak diantara kita, bukankah muslim itu bersaudara? tidak memandang bulu, harta, bahkan tahta! lantas buat apa kita mempermasalahkannya, mereka adalah saudara kita. Jika kita menjadikan itu perbedaan atau hal  yang aneh apa bedanya dengan kita, diakan saudara kita. 
Jangan pernah kita sesekali mengkoreksi gaya berpakai muslim lainnya, sebab belum tentu gaya berpakaian kita sendiri sudahlah baik menurut Allah.  
Bukankah di dalam alqur’an surah Al-A’raf ayat 26 berbunyi: Hai anak adam sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat. 
Jadi buat apa lagi kita mempermasalahkannya, lihatlah diluar sana banyak orang yang berlomba-lomba dalam membuat atau menciptakan busana muslim yang lebih bagus dan indah dipakai dan dikenakan. Tinggal kita lagi yang berbenah diri apa sudah pantas pakaian kita sekarang ini dibilang sudah menutup aurat atau belum, itu kembali kepada diri kita sendiri kita mempunyai perasaan dan bisa menilainya sendiri, jika belum maka berproseslah dari sekarang karna tidak ada kata terlambat untuk berproses dan menjadi lebih baik lagi, jika sudah tetaplah istiqomah dengan pakainmu seperti sekarang dan jangan telalu dipikirkan perkataan orang lain anggap saja mereka iri dan tidak sanggup berpakaian seperti saudara. 
Jangan sampai kita orang asia meniru busana berpakaian orang barat yang menurut agama kita tidak pantas, mungkin kalau di Negara mereka pantas berpakaian seperti itu tapi kita mempunyai adab sendiri yang tidak bisa dilanggar. 
Bisa kita lihat sendiri para selebriti saja sudah banyak yang hijrah dan kembali kejalan Allah masa kita manusia biasa yang tak sesibuk mereka dan tak sekaya dia tidak bisa berbenah diri kembali kejalan allah, benar dimata allah semuanya sama tak ada yang dibedakan derajatnya cuman di dunia jelas kita berbeda dimata manusia.