28 Juli 2021

Hasil Diskusi PB HMI di Tengah Pandemi Covid-19

Jakarta, Yakusa.Id – Wabah virus Corona atau Covid-19 ini membuat mahasiswa terkhusus kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tidak bisa berdiskusi berkumpul seperti biasa untuk mengasah kemampuan intelektual serta meralisaikan suatu kegiatan.

Oleh karena itu Badan Kordinasi Nasional (BAKORNAS) Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) PB HmI mengadakan Diskusi Online Nasional Yang bertemakan “Produktifitas Insan Cita Menyambut Ramadan dalam suasana pandemi Covid-19, Sabtu (25/4/2020).

Diskusi Online Nasional ini di Moderatori oleh Deo Fajris Vinanda direktur Litbang LDMI PB HmI serta menghadirkan beberapa narasumber yaitu Arya Kharisma PJ Ketua Umum PB HmI, Siti Fatimah S Ketua Umum Kohati PB HmI, Nur Cahyono Ketua BPL PB HmI, M Rizky Suryawan Kepala Balitbang PB HmI, Faisal Reza A Direktur Eksekutif LDMI PB HmI, Fahrurrozy Direktur LKMI PB HmI, Jusrianto Direktur Leppami PB HmI, Rorano Direktur LKBH PB HmI, M. Ikhsan Direktur Lapenmi PB HmI, Immadudin PJ Direktur LEMI PB HmI.

Agenda Disline Nasional Via Zoom
Deo mengatakan Disline Nasional ini di adakan untuk saling sharing serta bertukar pikiran antar sesama kader HmI senusantara agar lebih produktif insan cita di bulan Ramadan dalam susasan pandemi Covid-19,” Ungkapnya.

Serta Diskusi ini menghasilkan 10 kesimpulan.

PJ PB HmI (Arya Kharisma)
Telah terbentuknya HMI Peduli yang merupakan kolaborasi dari semua instasin HMI dalam membantu masyarakat dalam menanganin Pendemi Covid-19.
Pengarahan kepada semua Bakornas untuk dapat bergerak bersama sesuai dengan spesialisasi bidang bidangnya.

Pengarahan kepada semua Badko, Cabang, Korkom dan Komisariat untuk tetap produktif bergerak bersama dalam melawan Covid-19 di wilayah masing masing.
Akan diadakanya Secanting / Beras Darurat dari masyarakat untuk masyarakat di seluruh indonesia.

Ketum Kohati PB (Siti Fatimah S)
Pembuatan masker kain yang di jahit langsung oleh Kohati masing masing daerah dan dibagiakan kepada masyarakat di daerah masing masing.

Pemberian edukasi kepada ibu ibu rumah tangga tentang edukasi penanganan covid-19 serta penanganan pendidikan pembelajaran anak anak di rumah.

Ketua BPL (Cahyono)
BPL sedang mempersiapkan Konsep dan Sistim Pengakderan dalam bentuk Online.
BPL PB mensupport adanya Komisariat yang melakukan LK1 dalam bentuk Online.

Kepala Balitbang (M Rizky Suryawan)
Inventarisir penyebaran kader HMI Se-Indonesia yang dapat bergerak memberikan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan spesialisasi dibidangnya masing masing.

Direktur LDMI PB HMI (Faisal A.)
Kajian di ramadhan akan terus terlaksana mengunakan media online. Kajian Online juga akan di laksanakan oleh LDMI Cabang masing masing.

Direktur LKMI PB HMI (Fahrurrozy)
Telah membuat Posko Rapid Test di Sekretariat PB HMI.
Pemberian Edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk media offline dan online.

Direktur Leppami PB HMI (Jusrianto)
Turun kelapangan dalam menjalankan program bersama yakni HMI PEDULI.
Kordinasi sampai ketingkat komisariat dalam bersama melawan Covid-19.

Direktur LKBH PB HMI (Rorano)
Telah membuat posko bantuan hukum dan konsultasi kepada masyarakat yang terjadinya PHK.

Direktur Lapenmi PB HMI (Ikhsan)
Kurang efektifnya sistem pembalajaran di rumah terkhusus untuk siswa/i sekolah dasar dikarenakan polanya akan mengikuti pola orang tua di rumah.

PJ Direktur Lemi PB HMI (Immadudin)
Pengkajian terhadap perekonomian indonesia dampak covid-19.

Akan dilakukan Pesantre Ekonomi untuk memberikan edukasi kepada kader dan masyarkat akan kondisi ekonomi indonesia dampak covid-19. (*)