11 April 2021

HMI Cabang Buttasalewangang Bakal Garap Film Dokumenter Pelanggaran HAM dan Lingkungan Hidup

Yakusa.id – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Buttasalewangang periode 2020-2021 menggelar upgrading dan Rapat Kerja (Raker) di Aula Telaga Maccopa Kabupaten Maros pada Sabtu – Minggu, 15 -16 Februari 2020. 
Raker ini dimaksudkan untuk memproyeksikan program serta rekomendasi organisasi untuk satu periode kepengurusan kedepan.
“Berikhtiar untuk senantiasa merespon dan mengawal berbagai kebijakan serta isu-isu yang dianggap penting untuk kabupaten Maros kedepan,” ujar Ketua Umum HMI Cabang Butta Salewangang Maros, Jufriadi Juma, Minggu (16/2/2020) kemarin. 
Salah satu program kerja yang dihasilkan adalah rencana pembuatan film dokumenter tentang pelanggaran HAM dan Lingkungan Hidup yang dilakukan oleh perusahaan-perusahan di Maros. Menurutnya selama ini banyak perusahaan di Maros yang merampas hak masyarakat, dan juga mengakibatkan kerusakan lingkungan sekiatrnya. 
“Alhamdulillah beberapa rumusan program kerja kami tetapkan dan salah satu yang menjadi unggulan adalah pembuatan film dokumenter yang di gagas oleh Bidang HAM dan lingkungan hidup. Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap apa yang terjadi di Maros selama inu,” katanya. 
Selain pembuatan film, sekitar 20 program kerja telah di hasilkan dari 10 bidang di HMI Cabang Butta Salewangang Maros. Sebagian besar adalah penguatan internal kelembagaan, seperti senior course tingkat nasional, dan proses kaderisasi lainnya di HmI. 
“Selain itu, HMI senantiasa menjadi mitra kritis bagi pemerintah. Jika ada kebijakan yang bagus tentu kami support begitu sebaliknya jika ada kebijakan yang justru lebih banyak mudharat daripada manfaatnya tentu akan kami kritisi,” tegas Jufri sapaan karibnya. (Kabar.news/*)