11 April 2021

HMI Cabang Jember Sesalkan Pemberitaan Terkait Tuduhan HMI Terlibat Pilkada Jember

YAKUSA.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jember mengecam pemberitaan yang diterbitkan oleh salah satu media online yang menyinggung dan menyudutkan nama HMI tanpa dasar dan tidak ada bukti yang jelas.

Media online tersebut yakni, viralkata.com. dimana pada tanggal 27 Februari 2021 menerbitkan berita dengan judul “Faida VS Hendy Belum Berakhir: Beredar 65 Nama Pejabat Pro Faida”.

Isi berita tersebut menyebutkan nama-nama pejabat Pemkab Jember yang diduga pro dengan bupati sebelumnya, Faida.

Dalam salah satu kalimat dalam berita tersebut, ketika menjelaskan tentang salah satu nama pejabat berinisial AF media tersebut menuduh AF memanfaatkan dan menggunakan jalur HMI sebagai kekuatan politiknya.

Setelah ramainya perbincangan pemberitaan tersebut di kalangan kader HMI, maka pada 4 Maret 2021 HMI Cabang Jember melakukan press release.

“Pertama, HMI Cabang Jember tidak terlibat dalam segala aktivitas yang telah disangkalkan dalam informasi berita online tersebut pada tangal 27 Februari 2021,” kata Ketua Umum HMI Cabang Jember, Azhar Adabi, Selasa (16/3/2021).

Kemudian yang kedua, HMI Cabang Jember tidak pernah menggunakan atau memberikan akses secara kelembagaan terhadap salah satu calon pada Pilkada Kabupaten Jember Tahun 2020.

Ketiga, lanjut Azhar, Menyesalkan pemberitaan media tersebut yang menerbitkan berita tanpa melalui proses klarifikasi terlebih dahulu.

Lebih lanjut, Azhar sangat menyayangkan adanya pemberitaan yang menuduh HMI terlibat dalam pilkada Jember 2020, padahal HMI tidak mendukung dan memenangkan salah satu paslon manapun.

“Saya sangat menyayangkan tidak adanya konfirmasi oleh media tersebut kepada kami,” tegasnya.

Ia berharap dengan diterbitkannya press realese tersebut dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat umum bahwa HMI tidak terlibat dalam pilkada Jember 2020. (Rilis HMI Cabang Jember)