10 April 2021

HMI Cabang Malang Korkom UM Sukses Gelar Talkshow Tentang Covid-19

Yakusa.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Komisariat (KORKOM) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar Talkshow Interaktif via online melalui live streaming youtube Tipi Kampung, Jumat (10/ 04/2020) malam.

Talksow yang mengusung tema “Covid 19 dan Hikmah di Baliknya” ini diisi langsung oleh Prof. Dr. Agr. Muhammad Amin, Guru Besar Biologi UM dan Dr. Ir.David Hermawan, Dekan Fakuktas Pertanian dan Peternakan UMM serta diikuti oleh mahasiswa Se-Indonesia.

Dalam penyampaiannya Prof. Muhammad Amin mengungkapkan, hal penting yang harus dilakukan saat ini adalah mengedukasi dan mengevaluasi masyarakat serta pemerintah, sehingga dengan dua hal tersebut virus ini akan bisa dilawan.

“Ibarat minum jamu tradisional, setiap kandungan memiliki khasiatnya masing-masing, akan tetapi jika bahannya di olah secara terpisah maka khasiat tersebut juga tidak akan maksimal, itulah pentingnya kebersamaan,” kata Ketua umum Perhimpunan Ahli Biologi Sistesis Indonesia itu.

Sementara, Dr. David Hermawan menegaskan bahwa tugas pemerintah bukan hanya mengedukasi, tapi harus membentuk sebuah platfrom yang fokus pada covid-19 ini, sebab platform tersebut yang akan menjadi pusat informasi utama.

“Informasi atau kebijakan yang di disampaikan pemerintah pusat dan daerah saat ini kurang singkron,” tuturnya.

Selain itu, pria yang tergabung dalam Tim Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur itu menghimbau, seluruh masyarakat agar mematuhi peraturan pemerintah dan apabila terjadi gejala covid-19 seperti demam, batuk, pilek segeralah periksa ke dokter.

“Tidak perlu takut jika nantinya dinyatakan positif, sebab hal tersebut sangat membantu satgas covid-19, pemerintah, masyarakat dan lebih penting lagi adalah keluarga,” tukasnya.

Sedangkan, Ketua Umum HMI Cabang Malang Koordinator UM Ahmad Najmi Faris berharap, setelah adanya Talkshow Intraktif ini selesai kegiatannya bisa memberikan respond positif terhadap kehidupan masyarakat.

“Dengan adanya edukasi ini saya berharap kita bersama-sama bisa melawan covid-19, sehingga sektor perekonomian, pendidikan dan sektor lainnya bisa berjalan dengan baik lagi,” ujarnya. (sin/fik)