11 April 2021

HMI Korkom Unas Kecam Teror Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

YAKUSA.ID – Menanggapi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Pj Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Koordinator Komisariat (HMI Korkom) Universitas Nasional Cabang Jakarta Selatan, Muhammad Farhan mengutuk keras tindakan tersebut.

“Atas nama Keluarga Besar HMI Koorkom Unas mengutuk keras tindakan teror yang terjadi hari ini di depan Gereja Katedral Makassar, saat umat sedang merayakan Minggu palma sebagai bagian dari pekan suci Paskah umat kristiani,” kata Farhan, Senin (29/3/2021).

Atas kejadian itu, Farhan juga mendesak Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Panglima Kodam (Pangdam), Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dan Panglima TNI beserta seluruh stakehorder terkait untuk segera mengusut tuntas kejadian tersebut.

“Oleh karena itu kami mendesak kepada aparat dan stakehorder terkait untuk mengusut tuntas kejadian tersebut siapa pun dalangnya dan meningkatkan keamanan baik di Kota Makassar maupun diseluruh Indonesia, terlebih khusus kami meminta ada pengamanan ekstra di masa paskah ini,” tegas Farhan.

“Kami juga meminta seluruh komponen keamanan untuk melakukan pengamanan di seluruh Gereja untuk memastikan umat kristiani bisa merayakan paskah dengan aman,” imbuhnya.

Sementara Ketua Bidang Infokom HMI Koorkom Unas, Iqmalul Ahya Santani mengatakan, tindakan teror tersebut jelas mencederai Indonesia sebagai Negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai perdamaian dan keharmonisan.

Tindakan bom bunuh diri merupakan tidakan terorisme dengan tujuan menciptakan ketakutan dan kecurigaan di masyarakat.

“NKRI sebagai Negara yang damai dan harmonis diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menginginkan perpecahan diantara kita, ini jelas melukai hati kita. Untuk itu kita tetap tenang dan menahan diri,” tegas dia.

“Kami mengajak masyarakat agar tidak terpengaruh dan tetap waspada, seraya proaktif menjaga ketenangan dan keamanan,” ajaknya. (Rilis HMI Korkom Unas)