3 Agustus 2021

KAHMI Trisakti Berikan 7 Rekomendasi Resolusi Dampak Pandemi Covid-19

Jakarta, Yakusa.Id – Ditengah pandemi Covid-19 yang terus meluas, pertumbuhan ekonomi nasional semakin terpuruk, ditambah lagi dengan kebijakan pemerintah yang tidak konsisten, dan terus berubah-ubah membuat masyarakat semakin bingung dengan kondisi pandemic covid-19 ini.

Merespon kondisi yang ada, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Trisakti menyelenggarakan Webinar Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema Resolusi KAHMI Trisakti Terhadap Dampak Pandemic Covid-19, Sabtu, (16/05/2020) kemarin.

FGD tersebut menghasilkan 7 poin rekomendasi resolusi dampak pandemi covid-19. Yang akan direkomendasikan kepada Majelis Nasional KAHMI untuk diteruskan kepada pemerintah Republik Indonesia. Berikut 6 poin rekomendasinya:

  1. Mendesak Pemerintah untuk Melakukan Re-Koordinasi Kepada Pihak Terkait Mengenai Penanganan Covid-19 (Gugus Tugas, Kemenkes, Kemenko dan Kemenhub) Karena Terlihat Bekerja Tanpa Koordinasi.

  2. Mendesak Presiden Melakukan Tindakan Strategis dalam Pemulihan Ekonomi/Daya Beli Masyarakat Yang Menurun, seperti:
    a. Memastikan Stok Kebutuhan Pokok Tersedia serta Terjangkau
    b. Melakukan Relaxsasi Pajak Import Pada Industri Manufactur, PPh 22, Percepatan Pembayaran Restitusi dan Penundaan Cicilan Pada Sektor Transportasi dan Pariwisata Serta Sektor Lainnya yang Terdampak.
    c. Menurunkan Beban Biaya TDL, BBM dan Air Bersih
    d. Menunda Kenaikan Iuran BPJS
    c. Menanggung Seluruh Alkes, Ruang Isolasi dan APD

  3. Memberhentikan Transportasi yang Bertujuan :
    a. Kunjungan Kerja DPR,
    b. Transportasi Publik Pulang Kampung/MUDIK.

  4. Memperingati Presiden untuk Menghentikan Statement Kontradiktif, dan Melakukan Statement Jelas, Padat dan Tegas.

  5. Menjamin Kelancaran Pemberian BLT dan Bansos Kepada Masyarakat Yang Terdampak Covid-19.

  6. Meminta Presiden untuk Mengevaluasi Program Kartu Pra-Kerja (Transparansi Dana dan Pendistribusian Yang Tepat Sasaran).

  7. Meminta Presiden untuk Memastikan Ketahanan Pangan dari Produksi Dalam Negri Tercukupi (Bukan Impor).

Rekomendasi resolusi dampak pandemi Covid-19 ini akan disampaikan kepada Majelis Nasional KAHMI untuk dapat diteruskan kepada Presiden Republik Indonesia. (sin/zen)