10 April 2021

Ketentuan

Agar tulisan Anda layak diterbitkan di yakusa.id, beberapa aturan dan kaedah standar ini harus terpenuhi:
1. Semakin rapi Anda menulis, semakin cepat tulisan Anda diterbitkan.
2. Pastikan profile Anda sudah dilengkapi foto dan keterangan biodata. Jangan tulis nama dengan huruf besar semua. Huruf besar hanya di awal kata.
3. Jangan menggunakan judul dengan huruf besar semua. Huruf besar hanya pada awal kata saja. Jangan tulis judul dua kali.
4. Setiap tulisan harus disertakan foto/gambar yang standar, yakni sebesar 400 piksel (atau 600X400).
5. Panjang tulisan antara 5000 hingga 10.000 karakter atau antara 700 hingga 1000 kata (words).
6. Panjang setiap paragraf/alinea adalah antara 2 hingga 4 baris atau antara 200 hingga 300 karakter. Paragraf/alinea yang lebih dari 4 baris akan terlihat sangat panjang pada layar HP/ponsel.
7. Tulisan harus memperhatikan tata-bahasa standar, dari soal tanda-baca, huruf besar-huruf-kecil, dan penggunaan transliterasi yang benar. Kata-kata asing umumnya dibuat miring (italyc).
8. Pilih kategori tulisan sesuai dengan tema yang Anda tulis.
9. Jangan mengirimkan dua naskah dengan isi yang sama. Juga, jangan menggunakan judul yang sama untuk isi naskah yang berbeda.
10. Jangan mengirimkan tulisan yang sudah diterbitkan di media/web lain.

Penyuntingan Minimal
Demi menjaga kualitas konten, redaksi yakusa.id melakukan penyuntingan minimal kepada setiap tulisan yang masuk. Yang dimaksud dengan “penyuntingan minimal” adalah terpenuhinya syarat-syarat standar penulisan, baik dari sisi tata bahasa, format tulisan, dan tema.
Tulisan yang terlalu sedikit (misalnya hanya satu paragraf) atau terlalu kacau (misalnya banyak kesalahan eja/typo), tak akan diloloskan.

Mengapa yakusa.id melakukan hal ini? Tak lain karena kami ingin menjaga kualitas web ini. Ketiadaan seleksi tulisan kerap membuat sebuah web menjadi “bak sampah” di mana setiap orang bisa “membuang” tulisan apa saja ke dalamnya.

Pada sisi lain, kami juga tidak ingin melakukan sensor atau pengeditan ketat terhadap sebuah tulisan. Selain karena hal ini akan memakan waktu dan tenaga, kami ingin menampilkan sebuah tulisan apa adanya, sesuai dengan yang dibuat penulisnya.

Mengapa Tulisan Anda Ditolak
Umumnya, sebuah tulisan ditolak karena tidak memenuhi standar minimal. Misalnya, artikel yang sangat pendek, berisi hanya satu atau dua paragraf. Ukuran standar sebuah artikel adalah antara 700 hingga 1000 kata. Namun, jika Anda mengirim sebuah tulisan yang bagus dengan ukuran 400 hingga 700 kata, redaksi akan meloloskannya.

Redaksi akan meminta revisi jika naskah tulisan Anda tidak mematuhi aturan tentang paragraf, tidak menyertakan foto/gambar, banyak kesalahan ketik (typo) atau kesalahan tatabahasa. Anda bisa mengirimkannya kembali naskah yang sudah diperbaiki.
Sebuah tulisan tidak diloloskan juga karena alasan isi. Artikel-artikel yang jelas-jelas berisi iklan atau promosi sebuah produk tidak akan diloloskan. Jika Anda ingin menerbitkan sebuah tulisan tentang iklan, Anda bisa menghubungi redaksi yakusa.id
Artikel-artikel yang jelas-jelas mengandung fitnah, provokasi, dan kebencian, akan ditangguhkan hingga ada klarifikasi dari penulisnya.
Sebelum mengirimkan naskah, sebaiknya baca dulu aturan seputar penulisan ini hingga tuntas.