11 April 2021

Ketum Badko HMI Jatim Harap Kongres ke 31 Jadi Arena Adu Gagasan yang Bernas dan Orisinil

Yakusa.Id – Kota Surabaya dua hari lagi akan menjadi tuan rumah kongres HMI ke XXXI yang akan berlangsung pada Rabu, (17/03/2021) sampai Senin, (22/03/2021).

Kongres HMI kali ini akan dilakukan dengan model Hybrid. Peserta peninjau tidak hadir ke tempat tapi hanya mengikuti forum persidangan melalui virtual di cabangnya masing-masing.

Sedangkan peserta utusan hadir langsung ke Surabaya dengan dibagi menjadi dua tempat, yakni di Islamic Center Surabaya dan Asrama Haji. Kongres HMI kali ini akan dilakukan sesuai dengan prokes Covid-19.

Ketua Umum Badko HMI Jawa Timur, Yogi Pratama menyampaikan harapan kepada para kontestan untuk menjadikan kongres kali ini sebagai arena adu gagasan baru yang bernas dan orisinil.

Dikatakan, adanya kongres tidak dijadikan sebagai arena adu konflik apalagi sampai adu kekuatan uang (money politic). Sehingga kongres ini tidak sekedar acara seremonial memilih ketua umum saja, melainkan benar-benar melahirkan sosok pemimpin baru yang mampu menerjemahkan segala perubahan sosial yang terjadi dan mengembalikan HMI kepada khittah HMI itu sendiri.

“Saya berharap kepada peserta kongres untuk mempunyai a sense of concern and empathy terhadap situasi kondisi Covid-19 hari ini,” kata Yogi Pratama di Surabaya, Minggu (14/03/2021).

“Semoga pelaksanaan kongres kali ini berjalan sebagaimana jadwal yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

Ketua Umum Badko HMI Jatim berharap, peserta kongres mampu menunjukkan kepada publik bahwa HMI bisa melaksanakan kongres dengan arif dan bijaksana ditengah situasi yang tidak mendukung ini.

“Jangan sampai molor, periodesasi kepengurusan PB HMI sudah molor 1 tahun. Kondisi ini diakibatkan karena Covid-19. Tapi alhamdulillah dua hari lagi kita akan menyelenggaran pemilihan ketua umum,” harapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah mendukung penuh atas akan dilaksanakan kongres kali ini.

“Beribu terimakasih saya sampaikan kepada Ibunda Khofifah selaku Gubernur Jawa Timur. Tanpa beliau, mungkin HMI tidak bisa melakukan regenerasi yang menjadi kunci kaderisasi. Demikian juga ucapan terimakasih kepada Bapak Wakil Gubernur, Mas Emil, serta kajaran pemerintah Provinsi Jawa Timur yang lain,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal, Syafiudin mengatakan bahwa pihaknya sangat siap untuk menyambut peserta kongres. Mulai dari penjemputan, swab peserta, keamanan, penginapan dan lainnya sudah selesai.

“Kami juga sudah sowan dan silaturahmi ke Forkompimda Provinsi Jatim maupun Kota Surabaya untuk memohon dukungan suksesnya acara, serta sudah berkordinasi dengan satgas Covid-19 Kota dan Provinsi,” katanya.

Reporter: Umam
Redaktur: Kholisin