Menu

Mode Gelap

Daerah · 28 Nov 2021 14:17 WIB ·

Kohati Salatiga Turun Jalan Serukan Stop Kekerasan terhadap Perempuan


 Kohati Salatiga Turun Jalan Serukan Stop Kekerasan terhadap Perempuan Perbesar

Salatiga, YAKUSA.ID – Korps HMI-Wati atau Kohati Cabang Salatiga menggelar aksi turun ke jalan menyerukan penolakan kekerasan terhadap perempuan.

Aksi dalam rangka memperingati 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan yang diperingari sejak 25 November hingga 10 Desember ini dilakukan dengan jalan kaki dari Sekretariat HMI Cabang Salatiga menuju alun-alun Kota Salatiga.

“Aksi ini selain untuk memperingati hari anti kekerasan terhadap perempuan, juga untuk mendorong upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia,” ujar Ketum Kohati Cabang Salatiga, Rifaul Awaliyah, Minggu (28/11/2021).

Pada aksi tersebut, tampak para massa aksi membawa berbagai poster dengan ragam kalimat diantaranya, bertuliskan ‘Stop kekerasan terhadap perempuan’, ‘Merdeka itu bebas dari kekerasan seksual’, ‘Stop salahkan korban’ dan poster lainnya yang menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan.

Menurut Rifaul Awaliyah yang akrab disapa Rifa, bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang tidak dibenarkan. Yang juga termasuk dalam pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kami itu menyuarakan hati para perempuan Indonesia, bahwasannya masalah kekerasan terhadap perempuan itu bukan hanya masalah perempuan (korban) saja. Namun masalaah kita semua yang perlu kita rangkul dan mendukung korban,” ungkapnya

Lebih lanjut, Rifa menjelaskan bahwa payung hukum mengenai kekerasan terhadap perempuan juga belum terlaksana, bahkan RUU PKS belum disahkan sampai detik ini. “Dan datang kembali aturan mengenai Permendikbud nomer 31 th. 20021 tentang PPKS di Perguruan Tinggi yang masih menjadi pro kontra dan belum disahkan,” ujarnya.

Selain aksi di alun-alun Kota Salatiga, KOHATI sebelumnya menggelar kampanye di Pondok Pesantren di PPTQ Qudusis Salam dan bagi-bagi hijab di pondok tersebut serta kepada masyarakat Kota Salatiga.

Reporter: Kholisin Susanto

Editor: Hasib

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pengurus HMI Cabang Pamekasan Periode 2021-2022 Resmi Dilantik

19 Januari 2022 - 21:41 WIB

Sidang Senat Terbuka Milad Pertama, Prof Laode Sampaikan Capaian UICI

18 Januari 2022 - 10:18 WIB

Anggota DPR RI Muhammad Fauzi Terpilih Presidium KAHMI Sulsel 2022-2027

18 Januari 2022 - 01:37 WIB

Vaksinasi Anak di Pangkep Ditarget Selesai dalam Sebulan

18 Januari 2022 - 00:06 WIB

Permudah Layanan Administrasi, Pemkab Pangkep Bentuk Kordukcapil

17 Januari 2022 - 22:05 WIB

35 Peserta Ikuti Kohati Development Program

16 Januari 2022 - 15:56 WIB

Trending di Daerah