YAKUSA.ID – Inovasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memang tidak ada habisnya. Tiap tahunnya kerap menyuguhkan berbagai varian warna pembaharuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.
Salah satu terobosan baru yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini adalah LinkUMKM (Linkumkm.id) platform pemberdayaan UMKM secara digital yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
LinkUMKM menjadi daya tarik sendiri yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Berdasarkan laman BRI Research Institute (bririns.or.id), LinkUMKM mengukuhkan skor tertinggi pada jumlah rata-rata kunjungan setiap bulannya dengan waktu kunjungan terlama dibandingkan website-website pada kategori UMKM lainnya seperti smesco.go.id, kemenkopukm.go.id, dan mnews.co.id. Waktu kunjungan ke situs linkumkm.id ini menandakan pengguna menggunakan fitur-fitur yang ada di website tersebut.
Hasil riset yang dirilis oleh similarweb ini memberikan angin segar bagi pengembangan LinkUMKM untuk terus memberikan fitur-fitur yang bermanfaat bagi pengembangan kapasitas usaha bagi UMKM-UMKM di Indonesia.
“Kami berterimakasih kepada pengguna LinkUMKM yang telah mempercayakan pengembangan usahanya pada platform LinkUMKM. Kami akan terus berkomitmen untuk memberikan fitur-fitur yang sangat berguna bagi pengusaha-pengusaha UMKM berkembang dan memaksimalkan potensi usahanya, serta mewujudkan program UMKM Naik Kelas milik pemerintah RI.” Ujar Grace Nathania Putri, Staff Media LinkUMKM, dilansir dari bririns.or.id, Kamis (29/2/2024).
Hebatnya, LinkUMKM selain dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, di dalamnya juga terdapat fitur-fitur yang bermanfaat untuk pengembangan kapasitas usahanya tanpa dikenai biaya apapun.
Pengusaha-pengusaha yang bergabung dengan LinkUMKM juga dapat membentuk komunitas sesuai dengan jenis usahanya dan dapat menampilkan produknya pada etalase digital yang telah disediakan di dalam LinkUMKM.
Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk bersosialisasi dan bertukar ide dalam pengembangan usahanya dengan sesama pengusaha pada kategori produk yang sama. Selain itu, etalase digital yang disediakan juga dapat menjadi sarana promosi untuk memperluas jaringan pemasaran produk usaha.
Pengguna LinkUMKM dapat memetakan tingkat usahanya apakah termasuk tradisional, berkembang, ataupun modern melalui assessment pada 12 aspek kompetensi di antara lain skala usaha, kepemimpinan, pola pikir dan cara pandang, budaya inovasi, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, legalitas dan kepatuhan, kepedulian social dan lingkungan, pemahaman industry dan pasar, serta manajemen rantai pasok.
Assesment ini dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh pengguna untuk melihat track record perkembangan kelas usahanya.
Pengguna juga dapat belajar melalui modul-modul yang disediakan pada fitur pelatihan di menu UMKM Smart. Modul-modul ini dapat diakses tanpa biaya dan kapan saja oleh pengguna LinkUMKM dalam bentuk bacaan, video, dan diskusi konsultasi “klinik UMKM” bersama pakar-pakar yang mumpuni.
Pengguna LinkUMKM dapat memanfaatkan fitur ini untuk terus belajar dan mengembangkan baik kapasitas usaha maupun kapasitas sumberdaya manusia.
Bagi anda para pelaku UMKM, rasanya ketinggalan zaman jika tidak memanfaatkan peluang ini dengan baik untuk mengembangkan usahanya. Jadi, buruan bergabung dengan LinkUMKM agar kamu dapat menjadi bagian dari pelaku UMKM yang naik kelas dan berkemajuan. (YAKUSA.ID-01)