11 April 2021

LKBHMI Cabang Kendari: Buyung Layak Pimpin KNPI Sultra

YAKUSA.ID –¬†Jelang Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara memunculkan banyak figur potensial untuk tampil memperebutkan kursi 01 Pemuda Sultra.

Dari beberapa figur yang dikabarkan tampil di ajang tersebut, ada nama Tri Febrianto Mantan Ketua Umum HMI Cabang Makassar Timur yang bakal menduduki kursi Ketua KNPI Sultra.

Dukungan datang dari Direktur Eksekutif Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI) HMI Cabang Kendari, Fajar Nur Yusuf.

“Ada beberapa ukuran figur yang layak menduduki kursi Ketua KNPI Sultra, yaitu Rekam Jejak, Kemampuan Manajerial, dan Akses Kekuasaan dan Visi,” terangnya Fajar Nur Yusuf, Kamis (1/4/2021).

Dilihat dari rekam jejak dan kemampuan manajerialnya, Buyung sapaan akrab Tri Febrianto pernah menahkodai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar Timur sebagai Ketua Umum, lalu menjabat Sekretaris Umum HMI Badko Sulselbar, Pengurus HIPMI Pusat dan terakhir menjabat Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sultra.

Ia menambahkan bahwa, akses pada kekuasaan Buyung cukup terbukti di Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 yang dipimpin Jokowi, Buyung di amanahi sebagai Staf Khusus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta kedekatannya dengan sejumlah elit nasional.

Jejaring ini, lanjut dia, bisa dimaksimalkan dengan potensi Sultra di Sektor Pertanian dan Perkebunan sebagai salah satu sektor utama ekspor Sulawesi Tenggara, dengan potensi 12 Jenis Produk Unggulan di sektor ini.

“Jika menyoal Visi kedepan, Tri Febrianto adalah figur yang tepat memimpin KNPI Sultra. Backgroundnya sebagai Pengusaha dan komitmennya melahirkan entrepeneur muda maupun mendukung pengembangan UMKM di daerah Sultra, kami kira searah dengan Visi Pemerintah Pusat dan Daerah,” ujarnya.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara bahwa angka kemiskinan mengalami kenaikkan 0,69 pada September 2020 terhadap Maret 2020 dan pertumbuhan ekonomi sultra pada tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 0,65 persen dibandingkan pada tahun 2019 yang tumbuh 6,50 persen.

Sudah semestinya pengembangan UMKM di Sulawesi Tenggara dimaksimalkan, agar bisa mengurangi angka kemiskinan dan meningkatan perekonomian daerah.

“Menilai dari Rekam Jejak, Kemampuan Manajerial, Akses Kekuasaan dan Visi, Tri Febrianto sebagai Putra Daerah adalah figur yang layak menduduki kursi 01 KNPI Sultra,” tegas aktivis Himpunan Mahasiswa Islam tersebut.

Kontributor: Fitra

Editor: Taufik