10 April 2021

LSMI HMI Bandung Luncurkan Antologi Puisi berjudul ‘Kala Patra Sua Komala’

Yakusa.id – Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Bandung meluncurkan antologi puisi. berjudul “Kala Patra Sua Komala”.
Pembuatan buku antologi puisi ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah sejak berdirinya LSMI HMI Cabang Kota Bandung.
Direktur Eskekutif LSMI Hmi Cabang Bandung, Yusuf Syahputra Ganu mengungkapkan, antologi puisi tersebut merupakan buah pikir dari kader-kader HMI Kota Bandung.
Dikatakan, Kala Patra Sua Komala, berangkat dari keresahan hati para aktivis muda HMI Bandung, buku ini mengangkat berbagai macam tema puisi menarik bagi generasi milenial. 
“Perjuangan, pergerakan mahasiswa, cinta hingga permasalahan akademik menjadi isi dari buku ini,” ujar Yusuf, di lokasi Peluncuran buku puisi di Bandung Creative Hub, pada Minggu (8/3/2020).
Makna dari Kala Patra Sua Komala kata Yusuf, diambil berdasarkan bunga khas Bandung yaitu Patra Komala.  
“Kalau boleh menarik makna perkata itu Patra dalam bahasa sangsekerta artinya Pantas, biasanya juga diberikan ke anak laki-laki jadi kalau boleh digambarkan biasa untuk anak laki-laki yang sudah pantas, gagah,” katanya.
“Terus Komala, dalam bahasa Indonesia adalah batu permata, jadi ceritanya kalau diartikan Kala Patra Sua Komala Aa Kasep sudah memantaskan dirinya untuk Neng gelis yang cantik seperti batu permata,” imbuh Yusuf.
Jadi, kata dia, Kala Patra Sua Komala ini menggambarkan Bandung yang identik dengan Aa Kasep dan Neng Gelis. Untuk menguatkan pesan itu, Yusuf melanjutkan, bahwa Kota Bandung bukan sekedar letak geografis saja tetapi Bandung lebih dari pada itu.“Kalau kata Pidi Baiq melibatkan perasaan,”  tandasnya.
Yusuf menambahkan, LSMI sebagai lembaga pengembangan profesi sebagai wadah mahasiswa dan kader untuk berkarya, menumpahkan keresahan dan kritikan melalui karya dalam bentuk tulisan.
Buku tersebut kata dia, merupakan buah keresahan para kader dalam menjalani kehidupannya.
“Di situ tergambar dari kritik-kritik dalam bentuk sajak, teman-teman sebagai aktivis, akademisi, maupun manusia biasanya yang mengejar cinta,” katanya.
Yusuf berharap, adanya buku tersebut menjadi pecut semangat bagi kader-kader HMI untuk terus menciptakan dan menelurkan karya yang semakin sesuai dengan kebutuhan zaman.
“Selain itu, saya berharap Kala Patra Sua Komala ini dapat menjadi legacy dan awal bagi karya-karya berikutnya bagi LSMI maupun HMI Cabang Bandung dan insyaallah melalui LSMI memiliki kontribusi nyata untuk Indonesia,” tandasnya. (Jabarekspres.com)