17 Mei 2021

PB HMI Gelar Webinar ‘Peran BUMN dalam penguatan ekonomi UMKM masa pandemi’

Yakusa.id – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) bidang kemitraan BUMN melenggarakan diskusi publik secara daring. Webinar ini mengusung tema ‘Peran BUMN dalam penguatan ekonomi UMKM masa pandemi’.

Kegiatan yang dipandu oleh Uswatun Hasanah ini menghadirkan Arya Sinulingga, Wakil Staff Khusus Kementerian BUMN dan Achmad Baidowi, Anggota Komisi VI DPR RI sebagai narasumbernya.

Dalam pemaparannya, Arya Sinulingga menyampaikan beberapa poin yang menjadi nilai positif bagi para pelaku UMKM di dalam UU Omnibus Law.

“Ada beberapa poin yang menjadi keuntungan bagi para pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) diantaranya, ada kredit usaha rakyat (KUR) yang dijalankan dan juga UMKM sebagai supply chain terhadap peran BUMN”, katanya saat menyampaikan materi, Jumat siang (19/02/2021).

Dirinya menambahkan, UMKM memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan pelaku usaha sekitar 63,4 juta (98,68 persen), sehingga sektor umkm perlu di dorong pada masa pandemi ini.

“Kemudian ada beberapa program BUMN kedepan dikhususkan untuk para pelaku UMKM yang diharapkan mampu mendukung perkembangan nya dalam menghadapi tantangan dunia, sehingga dapat meningkatkan inovasi, kompetensi dan kreatifitas,” lanjutnya.

Sementara Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi dalam webinar itu turut memaparkan terkait dengan proses perkembangan UMKM saat ini.

“Program pemulihan ekonomi nasional saat ini mencapai 116 Triliun yang sebagian dikhususkan untuk para pelaku UMKM, lalu ada dukungan bagi UMKM dan korporasi itu berupa potongan bunga,” paparnya.

Dirinya juga mengatakan, upaya-upaya terus lakukan untuk meningkatkan sdm dengan cara pelatihan secara digitalisasi.

“Bantuan pembiayaan melalui himpunan bank Negara sebesar 662 Triliun. Pendekatan terus kita jalin walaupun pendampingan nya berjalan secara masif ya, sehingga nantinya sampai pada tahap pengembangan usaha,” tutup Baidawi.

Sementara ketua pelaksana kegiatan, Aru Prayogi selaku mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama hampir dua jam ini dihadiri lebih dari 100 peserta secara daring maupun melalui live streaming di kanal YouTube.

“Alhamdulillah, telah selesai dilaksanakan kegiatan diskusi hari ini. Terimakasih kepada tim, pengurus dan partisipan sudah mengikuti kegiatan sampai selesai, serta Perusahaan Gas Negara (PGN) yang membantu dalam suksesi kegiatan ini,” tutupnya.

Kontributor : M Rizky

Editor : Nurus Solihen