11 April 2021

Peduli Warga Terdampak Covid-19, HMI Tarbiyah UINSA Salurkan Paket Sembako ke Beberapa Kota

Surabaya, Yakusa.Id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya Komisariat Tarbiyah Sunan Ampel melakukan kegiatan bagi-bagi sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19 ke beberapa kota di Indonesia, Sabtu (23/05/2020).

Kegiatan sosial yang direalisasikan di penghujung bulan Ramadhan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian pada negeri.

Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiyah Sunan Ampel, Rahmatullah menjelaskan, sebagai organisasi mahasiswa, HMI dengan misi ke-Islaman dan ke-Indonesiaan sudah menjadi keharusan universal untuk hadir di tengah-tengah masyarakat untuk bersumbangsih dan meringankan beban mereka, terkhusus bagi masyarakat yang terputus mata pencahariannya akibat pandemi COVID-19.

“Kegiatan ini tak lain adalah bentuk bakti kami untuk negeri,” kata Rahmat sapaan akrabnya.

Pembagian paket sembako dilakukan secara individu oleh pengurus dan kader HMI Komisariat Tarbiyah di daerah tempat tinggal masing-masing, yaitu Mojokerto, Lamongan, Bangkalan hingga Padang. Adapun mekanismenya, uang hasil donasi ditransfer ke pengurus dan kader yang bersedia membagikan. Pembelian sembako dilakukan secara individu sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Selanjutnya, sembako disalurkan secara langsung dengan mendatangi rumah masing-masing penerima.

Foto (Pengurus HMI Tarbiyah UINSA saat memberikan sembako pada Ibu Malikah (55), seorang janda yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga/Yakusa.Id)

Sembako yang dibagikan, kata Rahmat, sebanyak dua puluh satu paket dengan total Rp 1.470.000,00.

“Meski tak banyak yang kami berikan, besar harapan kami bisa meringankan beban dan kesusahan sesama. Semoga kegiatan amal ini memberikan manfaat dan barokah untuk kita semua, khususnya keluarga besar HMI Komisariat Tarbiyah.” Harapnya.

Ibu Malikah (55), seorang janda yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga mengucapkan terimakasih banyak kepada HMI Komisariat Tarbiyah atas bantuan yang diberikan.

“Alhamdulillah, maturnuwun, sembako ini sangat membantu saya dan anak-anak, barokallah,” tuturnya singkat.

Segenap pengurus HMI Komisariat Tarbiyah juga menyampaikan terimakasih kepada para donatur, terutama kepada Forum Alumni HMI Tarbiyah (FAHMITA) dan Millenial Peduli Jatim (MPJ) yang telah mensupport dan menyumbangkan sebagian rezekinya untuk kelancaran kegiatan ini.

“Bagi-bagi sembako ini insyaallah akan kita lanjutkan setelah hari Raya Idul Fitri dengan mekanisme yang sama, namun di daerah yang berbeda,” tutup Rahmat. (maf/sin)