22 Oktober 2021

Pelantikan Pengurus MW KAHMI Jatim, Edi Purwanto Komitmen Berikan Kontribusi di Berbagai Aspek

YAKUSA.ID – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Jawa Timur siap memberikan kontribusinya di berbagai aspek.

Hal itu disampaikan Koordinator Presidium MW KAHMI Jatim, Edi Purwanto dalam sambutannya pada pelantikan dan Rapat Kerja I pengurus MW KAHMI Jatim di Hotel Shangrila Surabaya, Jumat (10/9/2021).

“Tentunya kita (MW KAHMI Jatim) kedepan ada banyak hal yang menjadi PR, kita akan melanjutkan apa-apa yang sudah dilakukan oleh Presidium dan pengurus periode yang lalu,” katanya.

Namun demikian, pihaknya mengatakan, juga akan memperkuat beberapa aspek, terutama di kepengurusan ini akan memperkuat, satu dalam bidang kesehatan. Apalagi di tengah situasi pandemi ini persoalan kesehatan menjadi hal yang utama. “Oleh karena itu, bidang kesehatan menjadi prioritas kami,” ucap KAHMI UB itu.

Kemudian yang kedua, kata pria yang akrab disapa Ortega ini, bidang pendidikan. Artinya bidang pendidikan ini, bidang yang menjadi basis daripada HMI dan KAHMI. Oleh karena itu, ini menjadi prioritas gerakan kepengurusannya ke depan. Apalagi tantangan ke depan semakin banyak dan semakin besar.

“Perubahan sistem pendidikan yang sebelumnya konvensional, dengan adanya pandemi ini kita dipaksa untuk bersegera melakukan perubahan-perubahan yang sangat cepat. Ibaratnya disrupsi teknologi yang harus dilakukan. Dan itu impactnya sangat luar biasa termasuk efek bagi anak-anak di daerah-daerah yang tidak mendapatkan akses pendidikan, akses teknologi buang memadai,” ujarnya.

Kemudian yang ketiga, pihaknya menyampaikan, juga akan fokus di bidang ekonomi. “Bagaimanapun juga, kita jauh tertinggal dari saudara-saudara kita di sebelah. Oleh karena itu, bidang ekonomi menjadi pijakan utama kita untuk melaksanakan kegiatan penguatan khususnya untuk ekonomi syariah dan bidang baru ini adalah ekosistem halal,” kata Ortega.

Karena ini, lanjut Ortega, sudah menjadi amanat undang-undang yang harus dilaksanakan dan sukseskan bersama-sama.

“Oleh karena itu, di kepengurusan Majelis Wilayah periode ini kita ada bidang baru yakni ekosistem halal. Dan insyaallah saya akan kawal langsung, karena memang sejak pemberlakuan UU nomor 33 tahun 2014 kami turut mengawal dari awal,” imbuhnya.

Selanjutnya, paling tidak, lanjut dia, berharap ada sinergi dan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat dan juga pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. “Serta kita bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan majelis daerah di berbagai daerah menggerakkan sektor-sektor yang sudah saya sebutkan tadi,” kata Ortega.

Oleh karena itu, sekali lagi, harapannya kedepan kita bergandengan tangan, berkolaborasi melakukan kerja-kerja yang produktif, yang positif, dan kerja-kerja yang saling memberikan kontribusi disana. “Harapan kami tentunya, bagaimana majelis wilayah dan majelis daerah bergandengan tangan untuk menggerakkan apa yang telah kita sepakati bersama,” tandasnya.

 

Reporter : Kholisin Susanto

Editor : Imron Maulana