10 April 2021

Pelayanan Dinilai Bermasalah, HMI Cabang Indramayu Audiensi ke Disdukcapil

Yakusa.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Indramayu melakukan audiensi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu.
Dalam audiensi itu, mereka terima oleh Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Kanadi Monoisman di kantor dinas setempat.
Kedatangan mereka guna mendesak Disdukcapil Kabupaten Indramayu agar segera membenahi prosedur pengurusan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) masyarakat yang dinilai bermasalah.
“Hal ini dibuktikan masih cukup banyak laporan lambatnya pencetakan KTP-el masyarakat di Disdukcapil Kabupaten Indramayu,” ujar Ketua umum HMI Cabang Indramayu Ibrahim Samad, Jumat (28/2/2020) kemarin.
Selain lamanya waktu pencetakan, para aktifis HMI itu juga menyoroti tidak jelasnya jangka waktu pelayanan pencetakan KTP-el setelah proses perekaman.
Menurut Ibrahim Samad, lambatnya proses ini menuai keresahan di tengah-tengah masyarakat. Padahal proses pelayanan adminduk itu seharusnya cepat, mudah, dan gratis.
Hal tersebut sudah diatur dalam Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan.
“Pasal 3 itu Mengatur Penerbitan Dokumen Adminstrasi Kependudukan dalam waktu 1 jam paling lambat 24 Jam Setelah dokumen dinyatakan lengkap,” ujar dia.
Disampaikan Ibrahim Samad, Disdukcapil Kabupaten Indramayu mesti melakukan evaluasi yang dapat menyelesaikan semua permasalahan tersebut.
Evaluasi ini dinilai penting karena pelayanan adminduk ini sangat dibutuhkan masyarakat secara luas.
Sebelumnya, Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, Kabupaten Indramayu mengalami krisis blangko E-KTP, hal ini yang membuat banyak masyarakat yang belum terlayani secara optimal.
Kekurangan itu disebutkan dia mencapai 110 ribu buah dari sebelumnya yang mencapai 120 ribu buah.
“Kita sudah melakakukan upaya dengan mengutus Sekda Indramayu, Rinto Waluyo meminta langsung blangko E KTP ke Kemendagri di Jakarta,” ucapnya.
Hasilnya, Kabupaten Indramayu diberikan blangko E KTP sebanyak 10 ribu blangko. Atau dengan kata lain, dari kekurangan 120 ribu blangko kini kekurangannya menjadi 100 ribu blangko. (Tribuncirebon.com/*)