17 Mei 2021

Peringati Hari Kartini, Kohati Cabang Salatiga Sukses Gelar Webinar Nasional

YAKUSA.ID – Koprs HMI-Wati (KOHATI) Cabang Salatiga sukses menggelar webinar nasional dalam rangka memperingati Hari Kartini serta mendukung Kota Salatiga terbebas dari radikalisme dan terorisme.Webinar Nasional KOHATI Cabang Salatiga yang mengusung tema “Analisis Gender dalam Ideologisasi Radikalisme: Garis Perempuan Jihad dan Terorisme” itu digelar di gedung Pendopo Polres Salatiga Jawa Tengah, Rabu (21/04/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kota Salatiga, Ketua DPRD Salatiga, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kota Salatiga, Satpol PP Kota Salatiga, Ketua Umum Kohati Badko Jateng-DIY, dan tamu undangan lainnya.

Ketua pelaksana, Riza Puspita Sari menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat memahami peta perempuan dalam terorisme, memahami makna jihad yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam, “Kemudian, sebagai edukasi yang berimplikasi pada kehidupan beragama dan bernegara. Selain itu juga sebagai upaya persuasi paham radikalisme dan terorisme,” ungkapnya.

Sementara Ketua Umum KOHATI Cabang Salatiga, Rifaul Awaliyah dalam sambutannya mengatakan, perempuan adalah manifestasi keindahan tuhan, perempuan adalah makhluk yang unik, dan perempuan adalah makhluk yang ahli-ahli.

Menurutnya, modus baru dalam aksi terorisme menjadikan perempuan sebagai pelaku, dimana belakangan ini aksi teror dengan pendekatan feminim memanfaatkan perempuan sebagai pelaku, meskipun dikatakan sebagai pelaku tetap saja mereka adalah korban.

“Sekarang sudah saatnya perempuan Indonesia umumnya dan perempuan kota Salatiga pada khususnya bergerak dengan karya,” katanya.

Sementara itu, Wakapolres Salatiga, Kompol Eko Kurniawan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh KOHATI Cabang Salatiga dengan tema diskusi yang sangat menarik, isu-isu keperempuanan dengan dalih jihad namun tidak sesuai ajaran Islam.

“Dan kita dapat menghilangkan benih-benih radikalisme dan terorisme ini dengan persuasi seperti contoh kegiatan ini,” ujarnya.

Ket foto: Penuh semangat, para pemateri webinar nasional yang diselenggarakan Kohati Cabang Salatiga siap menyampaikan materi-materinya dengan dipandu langsung oleh Ketua Umum KOHATI BADKO Jateng-DIY, Dzikrina Aqsha Mahardika (kiri).

“Saya mewakili Bapak Kapolres Salatiga, memohon maaf karena Bapak Kapolres Salatiga tidak bisa mengisi menjadi pemateri karena ada tugas yang mendadak,” ucapnya.

Opening ceremony diakhiri dengan sambutan Korpres MD Forhati Salatiga Eny Rahmawati yang sekaligus membuka acara webinar nasional ini, dengan harapan dapat memberikan manfaat khususnya kaum perempuan yang perlu pemahaman yang benar dan mendalam mengenai jihad, radikalisme serta terotime.

Usai sambutan-sambutan, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimoderatori langsung oleh Ketua Umum KOHATI Badko Jateng-DIY, Dzikrina Aqsha Mahardika. Acara ini berlangsung sangat interaktif, baik peserta offline maupun online.

Acara yang juga tayang di channel youtube Yakusa ID menghadirkan tiga pemateri yang sangat luar biasa yaitu Prof. Dr. H. Syamsul Maarif, M.Ag. (Ketua FKPT Jawa tengah), Henni Mulyani, SE, MAP, MA (Kepala DPPPA) dan Aprilian Ria Adisti, M.Pd (Pengurus Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Salatiga).

Untuk diketahui, acara ini berjalan selama kurang lebih tiga jam dan berlangsung meriah. Usai webinar tersebut, dilanjutkan dengan bagi-bagi masker di Pasar Raya Kota Salatiga dan bagi-bagi takjil di Kelurahan Kecandran Salatiga.

Reporter: Riza Puspita Sari
Editor: Taufik