3 Agustus 2021

Pesan Taqwa Ala Cak Nur Cholis Majid

(Kelemahan Manusia Adalah Mudah Lupa dan Gampang Tergoda)
Oleh : Ach. Zaini Dahlan (Kader HMI STISA Pamekasan)

(Foto: kalaliterasi.com)

Asas hidup itu hanya dua, ada yang benar dan ada yang salah. Asas hidup yang benar adalah taqwa kepada Allah SWT dan keinginan mencapai ridha-Nya. Asas hidup manapun selain taqwa kepada Allah SWT dan keinginan mencapai ridha-Nya, adalah tidak benar.

Taqwa menurut cak nur merupakan kesadaran mendalam bahwa Allah selalu hadir dalam hidup kita. Allah terus menerus mengawasi dan mempertihutangkan perilaku kita. Berbekal dengan kesadaran semacam itu maka setiap tindakan dalam hidup kita akan terpola untuk meraih perkenan Allah dan menghindari murkanya, sehingga akhirnya kita menjadi orang yang terbimbing pada budi pekerti yang luhur.

Kata taqwa yang di benak sebagian orang sudah terkesan aus sebagai rongsokan slogan yang kehilangan kesejatian karena kelewat sering di ucapkan. Namun masih banyak di antara mereka yang melupakan esensi darinya. Setidaknya ada lima indikasi yang perlu kita pahami bersama mengenai taqwa ini, didalam Al-Quran surah Al-Baqoroh ayat 3 dan 4 dijelaskan, bahwa yang dimaksud dengan orang taqwa adalah pertama orang yang beriman terhadap hal yang ghaib,hal ini dalam arti luas. Termasuk juga dengan adanya coronavirus disease (COVID-19) yang menggoncangkan dunia saat ini. Kedua orang yang mendirikan sholat. Ketiga orang yang menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah. keempat beriman terhadap apa yang di turunkan kepada nabi Muhammad SAW. Kelima beriman terhadap apa yang di turunkan kepada para nabi sebelum nabi Muhammad SAW. Lima indikasi inilah perlu betul-betul kita pahami agar supaya kita dalam menjalani kehidupan ini tidak serta merta menyalahkan orang lain.

Terkadang kita terlalu ego dalam menyikapi problematika kehidupan, sehingga apa yang kita rasakan semuanya dinilai salah. Itulah sebabnya cak nur cholis madjid sering menyampaikan penggalan kalimat ini dalam khutbahnya, Kelemahan manusia adalah mudah lupa dan gampang tergoda.

Semoga Bermanfaat