Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Feb 2022 16:32 WIB ·

PWI Pamekasan Pastikan Anggotanya Ikut Program BP Jamsostek


 Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Tabri S Munir. Perbesar

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Tabri S Munir.

PAMEKASAN, YAKUSA.ID – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Tabri S Munir pastikan anggotanya wajib terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Tabri mengungkapkan, di PWI Pamekasan, dari 33 anggota ternyata masih ada 12 orang yang tidak terdaftar sebagai kepesertaan BP Jamsostek.

“Dan hari ini, statusnya wajib harus memiliki BP Jamsostek. Harus terdaftar. Terserah walaupun nanti mendaftar secara mandiri atau nanti dari perusahaan,” kata Tabri S Munir saat sambutan dalam acara Focus Group Discussion dengan tema ‘Jaminan sosial bagi kelompok pekerja rentan’ di Aula Kemenag Pamekasan, Senin (14/02/2022).

Ikhtiar Tabri S Munir untuk mendaftarkan anggotanya menjadi kepesertaan BP Jamsostek itu didukung oleh Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyono.

Diketahui, Kapolres Pamekasan menyumbang pendaftaran dan iuaran selama tiga bulan ke depan kepada 12 anggota PWI Pamekasan yang belum terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek.

Manfaat BP Jamsostek untuk Karyawan

Manfaat BP Jamsostek untuk karyawan terbagi dalam empat program. Manfaat-manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati pekerja Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan, yakusa.id telah melansir informasi dari merdeka.com. Berikut ulasan lengkapnya.

Jaminan Kecelakaan Kerja

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang sangat penting yakni jaminan kecelakaan kerja. Jaminan kecelakaan kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju ke tempat kerja atau sebaliknya, hingga perjalanan dinas. Jaminan kesehatan tersebut juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh lingkungan tempat bekerja.

Manfaat tersebut diberikan tak terbatas biaya, sesuai dengan kebutuhan medis sampai pekerja sembuh. Selain itu, pekerja juga akan memperoleh santunan upah selama tidak bekerja.

Upah yang diberikan yakni upah utuh selama 12 bulan pertama serta seterusnya 50 persen sampai sembuh. Jaminan kecelakaan kerja juga memberikan santunan kematian akibat kecelakaan kerja bagi keluarga peserta.

Jaminan yang diberikan yakni sebesar 48 kali upah yang dilaporkan oleh perusahaan atau peserta. Selain itu, jaminan kecelakaan kerja akan memberikan beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari peserta yang meninggal dunia atau mengalami cacat total tetapi akibat kecelakaan kerja dengan maksimal sebesar Rp174 juta.

BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan pendampingan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja. Mulai dari peserta masuk dan mendapat perawatan di rumah sakit hingga peserta tersebut bisa kembali bekerja.

Jaminan Kematian

Jaminan kematian diberikan kepada ahli waris saat peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja. Untuk besar manfaat yang diberikan berkala 24 bulan yaitu sebesar Rp12 juta yang dibayar sekaligus. Selain itu, jaminan kematian juga menanggung biaya pemakaman sebesar Rp10 juta.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan juga memberikan beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dari peserta yang meninggal dunia dengan masa iur minimal 3 tahun maksimal Rp174 juta. Sehingga manfaat yang diberikan jaminan kematian sebesar Rp42 juta.

Jaminan Hari Tua

Jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan cukup penting untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Jaminan Hari Tua ialah manfaat yang berupa uang tunai yang besarnya adalah nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan yang di atas bunga deposito.

Jaminan hari tua akan dibayarkan sekaligus jika peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, atau cacat total tetap. Besarnya iuran Jaminan Hari Tua yaitu sebesar 5,7 dari upah yang ditanggung 2 persen pekerja dan 3,7 persen pemberi kerja.

Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun juga menjadi salah satu manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Jaminan pensiun yakni jaminan sosial yang tujuannya untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiunnya.

Perlu diketahui, jaminan pensiun berupa uang tunai yang diberikan kepada peserta, yang memenuhi iuran minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.

Jaminan pensiun termasuk juga manfaat pensiun janda atau duda. Jaminan tersebut berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda atau duda yang menjadi ahli waris (terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan) sampai dengan meninggal dunia ataupun menikah lagi.

Jaminan pensiun juga termasuk pensiun cacat, yang berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta (kejadian yang mengakibatkan cacat total tetap terjadi paling sedikit satu bulan menjadi peserta dan denity rate minimal 80 persen).

Jaminan pensiun pun meliputi manfaat pensiun anak yang berupa uang tunai bulanan, yang diberikan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta (dengan maksimal dua orang anak yang didaftarkan pada program pensiun) sampai dengan usia anak mencapai 23 tahun. Kemudian bagi peserta lajang yang belum berkeluarga, jaminan pensiun diberikan kepada orang tua (bapak atau ibu) yang menjadi ahli waris peserta lajang. Jaminan pensiun tersebut dapat diterima secara berkala setiap bulannya dengan nilai maksimal bisa mencapai 40 persen dari upah. (Yakusa.id-09)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Admin

Baca Lainnya

Sabtu Besok, Musyawarah Daerah MD Forhati Pamekasan Digelar

27 Mei 2022 - 20:01 WIB

Cerita Yunita Agustini, Sosok Perawat di Taiwan yang Kuliah di UICI

27 Mei 2022 - 16:54 WIB

Buka Lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an se Madura, Bupati Pamekasan Paparkan Program Beasiswa Santri

27 Mei 2022 - 16:26 WIB

Indonesia Berduka, Buya Syafi’i Ma’arif Tutup Usia

27 Mei 2022 - 12:49 WIB

Berkunjung ke Indonesia, Mesut Ozil Temui Anies Baswedan

27 Mei 2022 - 08:10 WIB

Jaringan Aktivis Nusantara Nilai Penunjukan TNI/Polri Jadi Pj Kepala Daerah Sah, Ini Alasannya

27 Mei 2022 - 05:02 WIB

Trending di Nasional