11 April 2021

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Kohati gandeng FKI Angkat Isu Kebebasan Perempuan

Yakusa.id, Pamekasan-Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, Kohati (Korps HMI-Wati) Tarbiyah dan Insan Cita bersama FKI (Forum Kajian Insan Cita) IAIN Madura menggelar Diskusi Publik di Alun-alun Pamekasan, Ahad (08/03/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema Tafsir Feminisme dan Imaginasi Kebebasan Perempuan ini diisi langsung oleh Rofiatul Windariana selaku aktivis perempuan Pamekasan.

Menariknya, diskusi ini tidak hanya dihadiri  oleh kalangan HMI melainkan dari organisasi lain seperti Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Rayon Fasya Komisariat IAIN Madura yaitu Hoyyinah bersama rekannya turut memeriahkan hari perempuan yang dilaksanakan sekali dalam setahun ini.

Diskusi publik ini dianggap penting untuk mengisi moment dalam memperingati hari perempuan, tidak lain untuk melihat sejauh mana pola pergerakan perempuan dalam perspektif feminisme dan mempertanyakan kebebasan perempuan serta peran perempuan dalam menjawab persoalan isu-isu moder. Hal itu disampaikan pemateri yang akrab disapa Winda tersebut.
Lebih lanjut, Winda berharap bahwa adanya diskusi publik tersebut dapat memberikan gairah kepada perempuan untuk turut mengambil peran dan mengembangkan potensinya.
“Harapan saya, setiap perempuan menyadari bahwa semua harus dimulai dari mengubah mindset dari perempuan itu sendiri, agar mampu berdaya dan mengambil langkah untuk mengembangkan potensi dirinya.” Ujarnya sebagi pernyataan penutup diskusi yang berlangsung sekitar 2 jam itu. 
Selain itu, sebelum diskusi publik ini dimulai acara diawali dengan tebar bunga kepada masyarakat sekitar Monumen Arek Lancor yang ditargetkan kepada para kaum perempuan, sebagaimana yang disampaikan Mutmainah kordinator agenda tebar bunga.
“Inisiatif diselenggarakan agenda tebar bunga ini yaitu sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama kaum perempuan, dan untuk memperingati hari internasional woman’s day.”  Imbuh perempuan yang saat ini tengah menjabat Ketua Divisi Keperempuanan FKI IAIN Madura itu. (Al/Sin)