17 Mei 2021

Refleksi Hari Kartini, HMI Komisariat Al-Fatih Gelar Diskusi Bersama 3 Organisasi Ekstra

YAKUSA.ID – Dalam rangka merefleksikan nilai-nilai hari kartini, bidang Pemberdayaan Perempuan (PP) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jember Komisariat Al-Fatih menggelar Diskusi Keperempuanan via zoom meeting dan live streaming di youtube channel Yakusa.ID, Minggu (25/04/2021).

Kegiatan yang mengusung “ Kartini dan Kita Hari Ini (Akademisi dan Organisatoris)“ ini mengundang para perempuan organisatoris, diantaranya, IMMawati (Azakiyah Amalinah), KOPRI (Erisha Najwa Himaya), Sarinah DPK GMNI (Fina Syahida Zahro) dan KOHATI (Rodeka Silvia).

Kopri IAIN Jember, Najwa Himaya menyampaikan bahwa dalam perspektif fiqih, tugas membenahi masyarakat dan memperbaiki kehidupan bukan hanya tugas dari seorang laki-laki melainkam juga tangung jawab perempuan.

“Itu juga tertera pada Al-Qur’an surah At-Taubah ayat: 71. Maka berjalan balance itu sangatlah diperlukan,” katanya.

Sementara itu, Kohati IAIN Jember, Rodeka Silvia mengungkapkan, semua perempuan harus bisa mencontoh hal baik dari sosok Kartini.

“Dalam bidang akademis perempuan dan paki-laki dapat berkembang dengan baik, mencontoh Kartini dengan belajar mengetahui wawasan yang lebih luas dan dalam bidang organisasi dapat berkontribusi kepada sosial dan masyarakat,” ungkap Rodeka Silvia.

Tidak hanya itu, usai sesi tanya jawab, Ketua Umum HMI Komisariat Al-Fatih, Ahmad Deni Rofiqi juga memberikan kesimpulan tentang peringatan hari kartini dan menutup acara diskusi.

“Selama penindasan struktural terjadi, selama itu perlawanan terus diawetkan,” ungkasnya.

Pada akhir acara, ditutup dengan foto bersama dengan para pemateri dan seluruh peserta diskusi. Walaupun sedikit terkendala jaringan internet, peserta tetap antusias dan aktif mengikuti diskusi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada pemateri.

Reporter: Kholisin
Redaktur: Taufik