11 April 2021

Refleksi Hari Kartini, Kohati IAIN Madura Gelar Lomba Menulis Artikel

YAKUSA.ID – Korps HMI-Wati (KOHATI) Cabang Pamekasan Komisariat Insan Cita IAIN Madura menggelar lomba menulis artikel se-Madura.

Lomba menulis artikel se-Madura yang diperuntukkan bagi kader HMI itu dalam rangka refleksi Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Adapun tema yang diusung dalam peringatan tersebut yakni “Eksistensi Kohati sebagai Kartini Masa Kini”.

Ketua Umum Kohati Komisariat Insan Cita IAIN Madura, Ruqoyyah mengatakan, lomba menulis artikel ini tidak lain sebagai bentuk penghormatan bagi Pahlawan Kemerdekaan Nasional yakni RA Kartini. Selain itu, juga sebagai wadah mengasah intelektual kader dalam bidang kepenulisan.

“Sebab itu, kami mengadakan lomba menulis artikel ini. Karena kita tahu bahwa cerdas saja tidak cukup jika kita masih bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan,” katanya, Minggu (28/3/2021).

Perempuan yang juga aktif di Mastapala IAIN Madura ini menjelaskan, ada beberapa sub tema yang disediakan bagi pada peserta lomba antara lain, pendidikan, ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Smentara untuk syarat pendaftarannya, pertama wajib kader HMI, kedua wajib follow Instagram @kohati.insancita.iainmadura, ketiga scan KTM, dan keempat mengisi link pendaftaran (https://s.id/RefleksiHariHartini).

“Sementara untuk mekanisme penulisan karya antara lain, minimal lima lembar (tidak terhitung cover, daftar pustaka, dll), minimal lima referensi, kemudian diketok dengan format Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,0. Terakhir, file dikirim dalam bentuk PDF ke email kohatiinsancita21@gmail.com,” ucapnya menjelaskan.

Adapun timelinenya lanjut Ruqy, pendaftaran dan waktu pengiriman naskah mulai tanggal 27 Maret sampai 15 April 2021. Untuk seleksi karya dilakukan pada 15 sampai 20 April 2021.

Kemudian, pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada 20 April 2021. “Dan pada 21 April merupakan inagurasi juara dan seminar,” katanya.

“Untuk lomba ini, kami juga dipungut biaya sebesar Rp15 ribu bagi seluruh peserta yang mendaftar,” imbuhnya menjelaskan.

Lebih lanjut, Rugi menyampaikan, kegiatan ini akan dilakukan secara offline di Gedung Graha Insan Cita, Jalan Perum Graha Kencana Blok LMN, No. 12, Pamekasan.

“Kendati dilakukan secara offline, kami tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari adanya penyebaran virus Corona,” ungkapnya.

“Seomga kegiatan ini disambut baik oleh para kader HMI-Wati se Madura. Dan dapat berjalan dengan lancar sesuai yang kami rencanakan,” tandasnya.

 

Reporter: Kholisin Susanto

Editor: Taufik