25 September 2021

Retas Ketimpangan Digital, PB HMI Segera Luncurkan Program Duta Siber

Ketua Bidang Infokom PB HMI, Firman Kurniawan Said. Foto/Yakusa.id

Jakarta, YAKUSA.ID – Guna menjawab permasalahan ketimpangan digital di Indonesia yang diakibatkan karena rendahnya pengetahuan literasi digital masyarakat, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) akan segera meluncurkan program duta siber.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Bidang INFOKOM PB HMI, Firman Kurniawan Said, Rabu (08/09/2021).

Dikatakan, duta siber ini merupakan program nasional PB HMI sebagai turunan dari gagasan besar Ketua Umum Raihan Ariatama untuk membangun gerakan organisasi berbasis digital dan meningkatkan kesadaran literasi digital masyarakat.

“Program ini akan menjangkau 20 wilayah di seluruh Indonesia sesuai dengan jumlah badan koordinasi yang HMI punya,” katanya.

Lebih lanjut, Eks Presiden Mahasiswa Universitas DIPA Makassar itu juga menyampaikan, pemilihan duta siber nanti akan dilaksanakan oleh PB HMI yang bekerjasama dengan badko setempat.

“Mereka akan mengikuti kelas, peserta yang menyelesaikan kelas dan tugas akhir lah yang akan disebut duta siber,” ucap mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Jakarta itu.

Menurut Firman, seorang duta siber nanti akan mengkampanyekan bagaimana mengoptimalisai teknologi sebagai ruang bisnis, kemudian mengedukasi masyarakat tentang bahaya radikalisme dan hoax yang ada di ruang-ruang digital.

“Juga, seperti gerakan galang donasi nanti tidak akan lagi menggunakan cara-cara konvensional,” tegasnya.

Semua hal telah dipersiapkan oleh PB HMI untuk program duta siber ini.

“Insya Allah akhir bulan September ini akan segera diluncurkan jika tidak ada kendala.” Tukas Firman.

Diketahui, program duta siber ini diinisiasi oleh tiga bidang PB HMI, yaitu Bidang Informasi dan Komunikasi (INFOKOM), Bidang Pemberdayaan Umat (PU) dan Bidang Perguruan Tinggi, Kepemudaan dan Kemahasiswaan (PTKP).

Reporter: Kholisin Susanto
Redaktur: Imron Maulana