22 Oktober 2021

Ribuan Massa HMI Sulselbar Merengsek Dekati Forum Kongres, Ratusan Polisi Bersiaga

Yakusa.Id – Ribuan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari Badko Sulselbar yang baru saja tiba di Surabaya pada Sabtu (20/3/2021) pagi, sempat dibawa petugas gabungan menuju beberapa lokasi menginap.

Petugas gabungan dari TNI-Polri dan pemerintah daerah setempat mengakomodir ribuan massa itu ke beberapa titik penginapan. Di antaranya di Asrama Haji, SPN Mojokerto, Mess Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Mako Raider 506 Brawijaya V Surabaya.

Setelah sampai di penginapan, sebagian massa yang diinapkan di Mako Raider 506 Brawijaya V memilih mendatangi lokasi kongres.

Polisi yang sudah bersiaga memblokade akses jalan menuju lokasi kongres di Islamic Centre, Jalan Raya Dukuh Kupang, Kota Surabaya.

Polisi menutup akses jalan sekitar radius 1 kilometer di antara gedung Islamic Centre sisi selatan dan utara.

“Kami datang ingin mengikuti kongres organisasi kami,”ujar salah satu kader HMI yang diketahui asal Makassar itu.

Mereka mencoba merangsek masuk mendekati gedung kongres, polisi dengan sigap melakukan komunikasi kepada para mahasiswa itu.

Meski sempat terjadi aksi salong dorong yang membuat Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Jhonny Edison Isir terjatuh, emosi massa berhasil diredam.

Bahkan, Isir menyambut mereka dengan baik dan memberikan imbauan agar tetap tertib selama kongres berlangsung.

“Adik-adikku, kita semua ingin kongres ini berjalan baik. Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan karena bagaimana pun juga saat ini kita tengah menghadapi wabah Covid-19. Tetap tenang dan saya percaya adik-adik adalah representasi mahasiswa. Kaum intelektual. Mari kita jaga sama kenyamanan dan ketertiban warga Surabaya bersama,” ujar Isi.

Setelah mendapat imbauan dan berkomunikasi, mahasiswa itu melunak.

Polisi kemudian mengarahkan mereka untuk kembali ke mMess atau tempat penginapan yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengimbau agar para peserta kongres HMI ke 31 ini benar-benar menjaga kenyamanan warga Surabaya.

“Tertib sebagai tamu, jaga sikap, keselamatan dan kenyamanan warga Surabaya. Kami juga sebagai tuan rumah akan memeberikan sambutan yang baik. Fasilitas yang diperlukan,” singkatnya.

Reporter: Umam
Redaktur: Kholisin