22 Oktober 2021

Sembilan Komisariat Desak HMI Cabang Bangkalan Segera Konfercab

YAKUSA.ID – Aliansi Sembilan Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangkalan yang mencakup HMI Komisariat Keislaman, HMI Komisariat Ilmu Sosial dan Budaya, HMI Komisariat Hukum, HMI Komisariat Ekonomi, HMI Komisariat Ilmu Pendidikan, HMI Komisariat Pertanian, HMI Komisariat Tekhnik, HMI Komisariat Gresik, HMI Komisariat Bawean, HMI Komisariat Cakraningrat, HMI Komisariat Ratoebhu, HMI Komisariat Technology dan HMI Komisariat P Al-Ghazali melayangkan surat peringatan yang mendesak pengurus HMI Cabang Bangkalan segera melakukan Konferensi Cabang (KONFERCAB).

Surat peringatan yang dilayangkan HMI Komisariat Se-Bangkalan ini ditanda tangani oleh sembilan Ketua Umum HMI Komisariat Se-Bangkalan, diantaranya Ketua Umum HMI Komisariat Keislaman, HMI Komisariat Ilmu Sosial dan Budaya, HMI Komisariat Hukum, HMI Komisariat Ekonomi, HMI Komisariat Ilmu Pendidikan, HMI Komisariat Pertanian, HMI Komisariat Tekhnik, HMI Komisariat Gresik dan HMI Komisariat Bawean.

Ketua Umum HMI Komisariat Isib, Virdy Angga Prasati mengatakan, dilayangkannya surat peringatan tersebut didasari karena pengurus HMI Cabang Bangkalan melebihi periode yang sudah diamanahkan oleh konstitusi HMI.

“Pengurus HMI Cabang Bangkalan sudah melanggar konstitusi, dan sepatutnya HMI Cabang Bangkalan sudah melaksanakan Konferensi Cabang (KONFERCAB),” katanya mewakili sembilan ketua umum lintas komisariat tersebut, Rabu (22/09/2021).

Senada dengan Virdy, Ketua Umum HMI Komisariat Keislaman, Hotibul Umam menegaskan, pengurus HMI Cabang Bangkalan harus malu pada perbuatan yang mencemarakan nama baik HMI di tataran organisasi ekstra se-Kabupaten Bangkalan.

“Tidak selayaknya pengurus HMI Cabang Bangkalan yang sudah melebihi batas periode kepengurusan tidak segera melaksanakan Konfercab,” tegas Umam.

Berikut dua poin yang menjadi peringatan kepada Pengurus HMI Cabang Bangkalan yang dilayangkan oleh Aliansi HMI Komisariat Se-Bangkalan:

Pertama, mendesak HMI Cabang Bangkalan segera melaksanakan Konferensi Cabang (KONFERCAB) dalam waktu dekat. Jika dalam hal ini tidak dilaksanakan oleh pengurus HMI Cabang Bangkalan, maka kami selaku Ketua Umum HMI Se-Cabang Bangkalan akan memutus garis intruksi dengan pengurus HMI Cabang Bangkalan.

Kedua, mendesak HMI Cabang Bangkalan segera membentuk kepanitiaan Konferensi Cabang (KONFERCAB) selambat lambatnya 5 hari sejak surat ini dilayangkan. Jika dalam jangka waktu yang ditentukan masih belum dilaksanakan, maka kami dari Ketua Umum HMI Komisariat Se-Cabang Bangkalan akan melakukan pemboikotan terhadap sekretariat HMI Cabang Bangkalan dan menganulir segala bentuk kegiatan yang diadakan oleh HMI Cabang Bangkalan.

Reporter: Kholisin
Editor: Imron