22 Oktober 2021

Warga Pamekasan Keluhkan Aliran Air PDAM Sering Macet

Pamekasan, YAKUSA.ID – Warga Pamekasan mengeluhkan aliran air PDAM yang sering macet.

Arianti salah satu pelaku usaha mikro di Jalan Ronggosukowati Pamekasan mengaku dalam dua pekan terakhir ini aliran air PDAM tak macet. Ia pun terpaksa berhenti menjalankan usahanya.

“Sudah hampir satu bulan distribusi air PDAM tidak mengalir mengalir sama sekali,” kata pelaku usaha mikro Arianti kepada wartawan di Pamekasan, Selasa (14/9/2021).

“Saya terpaksa berhenti menjual kopi disini, karena air PDAM macet. Kan tidak mungkin saya membawa air dari rumah, wong untuk keperluan mencuci gelas dan cangkir,” imbuhnya.

Tak hanya itu, dilansir Karimata FM, Zia Ul Haq, juga mengeluhkan hal yang sama. Aliran air PDAM di rumahnya tidak mengalir selama tiga tahun dan belum ada kejelasan hingga saat ini.

Pada Selasa (13/9/2021), Zia Ul Haq ke Kantor PDAM untuk menanyakan hal tersebut. Namun ia tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebab menurut pihak PDAM harus ke bagian teknik.

“Selama tiga tahun kendala tersebut sering dilaporkan, namun tidak ada hasil meskipun rutin bayar tagihan,” ucapnya.

Namun setelah memutuskan untuk berhenti membayar tagihan karena air tak kunjung mengalir, justru malah mendapatkan surat peringatan untuk diputus aliran air dari pihak PDAM.

Selain itu, Khairul Anam, salah sorang warga di Perumahan Samiran Samaran Pamekasan juga mengeluhkan aliran air PDAM yang sering macet dan kualitas airnya yang kurang bersih. Ia pun memutuskan untuk berhenti menjadi pelanggan PDAM.

“Saya sudah setahunan lebih berhenti sebagai pelanggan PDAM. Sebab, airnya sering kurang bersih. Saya lebih memilih mengebor depan rumah,” katanya.

Direktur PDAM Agus Bachtiar saat dikonformasi wartawan menyatakan, macetnya aliran air PDAM di Jalan Ronggosukowati Pamekasan itu, karena kerusakan pipa.

“Kerusakan pipa ukuran 14 inchi di Desa Trasak dan saat ini masih dalam perbaikan, untuk itu distribusi air untuk daerah : Jl. Stadion, Keselatan, sampai Jalan Trunojoyo , Jalan Ronggosukowati , Veteran dst-nya akan MENGALAMI GANGGUAN, atas nama PDAM , kami MOHON MAAF atas ketidak nyamanan ini,” jawab Agus melalui aplikasi pesan whatshapp

Saat menyampaikan pesan itu, Agus tidak menjelaskan, target penyelesaian perbaikan yang dilakukan oleh PDAM.

Penjelaskan tentang gangguan distribusi air PDAM disampaikan Direktur PDAM Agus Bachtiar saat diprotes oleh pelanggan, bukan diumumkan kepada khalayak saat awal gangguan terjadi. (YAKUSA.ID)