11 April 2021

Pengasuh Rubrik Lazuardi Majalah MEDIA PB HMI, Zahara D. Noer Meninggal Dunia

Foto (Zaraha D. Noer)

Jakarta, Yakusa.Id – Mantan Ketua Umum Wanita Islam, Zahara D.Noer, dikabarkan telah meninggal dunia di Jakarta pada Rabu (06/05/2020).

Istri dari Mantan Ketua Umum PB HMI Deliar Noer itu diketahui meninggal dunia pada pukul 16.20 WIB.

Kabar meninggalnya Zahara D,Noer ini disampaikan Yesi, menantu atau istri dari Dian M.Noer lewat pesan berantai di WhatsApp Group.

Zahara D.Noer meninggal dunia dalam usia 88 tahun dikarenakan sakit uzur. Alamat rumah duka berada di jalan Swadaya Raya no 7-9 Duren Sawit Jakarta Timur.

Dari penelusuran tim redaksi Historia HMI, Zahara Daulay dilahirkan di Tanjungpura, Sumatera Utara, 30 Juni 1932. Awalnya, nama asli Zahara adalah Fatimatu Zahra, sebuah nama yang mengingatkan pada putri kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Namun, karena dirasa berat, nama itu kemudian disingkat menjadi Zahara. Ayah Zahara berasal dari Mandailing, sedangkan ibunya dari Tanjungpura.

Zahara mengenal HMI menjelang ujian akhir SMA, ketika ia membaca koran harian Medan, Mimbar Umum, yang memberitakan tentang berdirinya organisasi mahasiswa Islam di Yogyakarta.

Saat kuliah di UGM Yogyakarta pada tahun 1951 itulah Zahara dan kawan-kawannya diajak masuk HMI oleh Lafran Pane. Di tangan Zahara, majalah MEDIA PB HMI menjadi lebih berwarna karena memuat informasi tentang seni, sastra dan filsafat. (*)