Daerah  

Dua Desa dan Satu Kelurahan di Pamekasan Masuk Kandidat Desa Berseri 2024

PAMEKASAN, YAKUSA.ID – Dua desa dan satu kelurahan di kabupaten Pamekasan yang menjadi kandidat Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) 2024 yakni Desa Pagendingan dan Durbuk untuk kategori madya, Kelurahan Barurambat Timur (Bartim) untuk kategori pratama telah dilakukan verifikasi lapangan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

M. Selamet Djauhari, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Pamekasan mengatakan, bahwa Pamekasan hanya mengajukan dua desa dan satu kelurahan dan tiga-tiganya lolos menjadi kandidat.

“Kami lakukan pendampingan dan koordinasi dengan tiga kandidat ini agar nilainya bisa mencapai indikator yang ditetapkan DLH Jawa Timur. Dari penilaian kami dan DLH Jawa Timur, yang paling dominan di indikator pengelolaan sampah dan partisipasi masyarakat,” paparnya.

Perwakilan Tim Verifikatur DLH Jawa Timur yang turun ke Kelurahan Barurambat Timur Fitriah mengatakan bahwa tinggi rendahnya penilaian atas dua indikator di atas mengacu pada peran serta kelurahan.

“Pak lurah memberi ruang dan keterbukaan bagaimana masyarakat bisa mengondisikan lingkungannya bersih dan lestari. Ini bentuk dari bagaimana kerja sama dan keguyuban terjalin baik, sehingga semuanya dapat berjalan,” ungkapnya.

Fitriah mengatakan, DLH Jawa Timur memberikan kesempatan dalam kurun waktu seminggu ke Kelurahan Barurambat Timur untuk berbenah pada indikator lainnya.

“Mengapa saya menawarkan hal ini, karena keguyuban dan kerja sama di Kelurahan Barurambat Timur sangat baik, ini akan jadi modal utama untuk berbenah dan saya yakin bisa lolos,” tukasnya.

Tidar Anugerah Haq Lurah Barurambat Timur mengaku telah bergerak bersama masyarakat untuk melakukan pembenahan.

“Ada empat evaluasi dari DLH Jatim, di antaranya terkait Ruang Terbuka Hijau, pemilahan sampah sesuai tempatnya, bank sampah yang harus diberdayakan, kemudian imbauan terkait lingkungan hidup. Semoga setelah berbenah apa yang kami harapkan bisa tercapai dan yang penting adalah penerapannya,” tuturnya. (DIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *