Melihat Asal Kelahiran Bacabup Pamekasan di Pilkada 2024

PAMEKASAN, YAKUSA.ID – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 rencananya akan digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Terdapat 508 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024, salah satunya kabupaten Pamekasan.

Hingga saat ini, sudah muncul beberapa nama bakal calon bupati (bacabup) Pamekasan dan santer pemberitaannya di sejumlah media.

Ada pun beberapa nama yang paling santer diberitakan, antara lain KH Kholilurrahman, RB Fattah Jasin, dan Achmad Baidowi.

Bahkan, baliho ketiga figur tersebut bertebaran di sepanjang jalan protokol hingga jalan kabupaten menuju kecamatan se Pamekasan.

Kandidat Kuat Diusung Parpol

Melihat dinamika politik Pamekasan yang cair, masing-masing ketiga figur tersebut memungkinkan memiliki kendaraan politik untuk maju di Pilkada 2024.

KH Kholilurrahman Bupati Pamekasan periode 2008-2013, telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran bacabup di sejumlah partai politik (parpol), salah satunya Partai Demokrat, NasDem dan beberapa parpol lainnya.

Dilansir dari kompas.com, KH. Kholil kembali maju pada Pilkada kali ini bukan karena kemauannya sendiri, namun karena dorongan besar dari masyarakat, pengusaha dan pilar ulama pesantren di Pamekasan.

“Awalnya saya sudah enggan ke politik. Saya sudah nyaman membangun pesantren. Namun karena kuatnya dorongan masyarakat, ulama pesantren dan pengusaha, maka saya berubah pikiran untuk berbagi pengabdian di pemerintahan dan pesantren,” kata Pengasuh Ponpes Matsaratul Huda Pamekasan itu.

Hal yang sama juga dilakukan oleh RB Fattah Jasin. Eks Wakil Bupati Pamekasan masa jabatan 2018-2023 itu paling santer berburu rekomendasi parpol, di antaranya Partai Demokrat, PKB, PBB, Gerindra, NasDem.

Dilansir dari Antarajatimnews, RB Fattah Jasin didampingi Gubernur Jatim Periode 1998-2003 dan 2003-2008 Imam Utomo saat mengembalikan berkas pendaftaran penjaringan ke Partai Demokrat.

“Saya memiliki niat baik untuk memimpin Pamekasan, dan oleh karenanya saya berupaya mendaftar melalui partai ini,” katanya RB Fattah Jasin saat mengembalikan formulir pendaftaran ke kantor DPC Partai Demokrat, Jumat (10/5/2024).

Sedangkan Achmad Baidowi, dia menjadi satu dari empat figur yang disiapkan dan diberi tugas untuk mengikuti uji publik sebelum akhirnya dipilih menjadi salah satu bakal calon Bupati Pamekasan di Pilkada 2024.

Dilansir dari Tribunmadura, pria yang kerap disapa Ketua DPP PPP itu mengatakan bahwa dari empat kader tersebut diberikan tugas untuk melangkah melakukan kerja politik guna mempersiapkan diri di Pilkada Pamekasan.

“Siapa saja nantinya yang direkom partai dari keempat kader tersebut semuanya harus mendukung, karena ini sistem kolektif kolegial ke Jatim,” kata Awiek saat bertemu sejumlah wartawan di Hotel Cahaya Berlian, Rabu (29/5/2024).

Asal Kelahiran Bacabup Pamekasan

Dari ketiga figur bacabup yang mencuat ke permukaan publik, dilansir dari berbagai sumber, tidak satu pun yang kelahiran asli Kabupaten Pamekasan.

Sosok KH Kholilurrahman, mantan anggota DPR RI tersebut lahir di Kabupaten Pamekasan tanggal 14 Juni 1950.

Sementara RB Fattah Jasin, yang pernah menjabat sebagai Kepala Bakorwil Pamekasan selama 9 bulan (Des 2019 – purna tugas per September 2020) itu lahir di Kabupaten Sumenep 25 April 1962.

Sedangkan Achmad Baidowi yang saat ini menjabat sebagai Wakil ketua Baleg DPR RI, lahir di Kabupaten Banyuwangi 13 April 1980.

Dari tiga bacabup Pamekasan di atas yang saat ini gencar melakukan gerakan politik untuk meraih simpati dan dukungan masyarakat gerbang salam, tak ada satu pun yang lahir di Bumi Ratu Pamelingan. (YAKUSA.ID-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *